Info

Pemerintah Kerahkan 1.805 Tim Kesehatan Selama Asian Games 2018

Tim kesehatan Asian Games 2018 sudah mengikuti pelatihan dan simulasi

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Tim kesehatan Asian Games 2018 (Warta Perawat)
Tim kesehatan Asian Games 2018 (Warta Perawat)

Himedik.com - Bicara mengenai kesehatan, pasti semua orang menginginkannya karena merupakan hal terpenting dalam hidup manusia. Di Asian Games 2018, pelayan kesehatan adalah elemen penting. Pemerintah pun telah menyiagakan tenaga kesehatan guna membantu kontingen dan atlet selama mengikuti Asian Games di Jakarta dan Palembang.

Tim kesehatan Asian Games 2018 ini telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan dalam beberapa gelombang. Sebanyak 1.805 tenaga kesehatan terlatih itu terdiri atas 400 dokter dan sisanya adalah perawat, serta fisioterapis. 

Tim kesehatan Asian Games 2018 (Deherba.com)
Tim kesehatan Asian Games 2018. (Deherba.com)

Selain itu, Kementerian Kesehatan selaku penanggungjawab bidang pelayanan kesehatan sesuai Instruksi Presiden No 2 Tahun 2016 tentang Dukungan Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 bersama dinas terkait menyiapkan 170 posko kesehatan di venue, tiga pusat kesehatan di luar arena, dan 230 mobil ambulans.

Tak ketinggalan ada 27 rumah sakit rujukan utama yang terakreditasi untuk Asian Games 2018, yaitu 15 RS di DKI Jakarta, 4 RS di Sumatera Selatan, 7 RS di Jawa Barat, dan 1 RS di Banten.

Selama acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 juga disediakan lima ICU mini. Serta dua poliklinik di Wisma Atlet, Kemayoran.

"Indonesia berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik karena Asian Games adalah tanggung jawab bangsa yang akan membawa nama baik negara. Oleh karena itu pelayanan kesehatan yang optimal sangatlah penting," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Untung Suseno Sutarjo seperti dikutip dari Antara.

Tenaga kesehatan yang telah disediakan oleh Kementerian Kesehatan akan langsung bekerja sebelum upacara pembukaan Asian Games 2018. 

Berita Terkait

Berita Terkini