Info

Sering Berhalusinasi Melihat Hantu? Mungkin Ini Penyebabnya

Masalah penglihatan bisa jadi penyebab kamu sering melihat hantu

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Hantu. (unsplash.com)
Hantu. (unsplash.com)

Himedik.com - Sekarang ini masih banyak orang yang mempercayai hal-hal mistis. Bahkan sebagian dari mereka menyebut dirinya indigo atau dapat melihat hal gaib seperti hantu.

Percaya atau tidak memang di sekitar kita ada 'mereka' yang tak terlihat. Namun, jika tidak mengganggu tidak akan jadi masalah.

Sebagian orang masih takut dengan hantu dan sering berhalusinasi bahwa melihat 'mereka' di sekitarnya. Menurut dr. Alamby, orang yang sering berhalusinasi melihat hantu atau penampakan mungkin mengalami masalah penglihatan, walaupun tidak semua mengalami hal ini.

Masalah kesehatan pada penglihatan ini disebut degenerasi makular yang menyebabkan penderitanya kehilangan penglihatan tepi. Nah, degenerasi makular dan gangguan penglihatan lainnya seperti glaucoma atau katarak bisa menyebabkan Charles Bonnet Syndrome (CBS).

Halusinasi (unsplash.com)
Halusinasi. (unsplash.com)

CBS terjadi di mana seseorang bisa melihat sepintas halusinasi yang aneh seperti pola atau bentuk, warna, hingga hal yang menyerupai mahluk hidup yang disebut hantu atau penampakan. Menurut Allamby, tak heran jika penderita CBS menganggap dirinya memiliki pengamalan supernatural.

Namun, mereka sering menganggap bahwa hal-hal seperti itu nyata dan apa yang mereka lihat adalah benar. Saat penglihatan kurang jelas, maka informasi yang diterima otak pun tidak lengkap dan otak mencoba untuk melengkapi ketidakjelasan tersebut.

Sayangnya, usaha otak untuk mengisi hal yang kurang ini pada akhirnya memunculkan halusinasi yang mirip layaknya penampakan hantu. Jika kamu bukan benar-benar seorang indigo dan sering berhalusinasi, cobalah untuk memeriksakan penglihatan kamu ke dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini