Info

Sindrom Marfan, Penyakit yang Dialami Penyanyi Troye Sivan

Seperti apa sindrom marfan itu? Lihat penjelasannya di sini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Troye Sivan. (ET Canada)
Troye Sivan. (ET Canada)

Himedik.com - Nama Troye Sivan mungkin sudah tak asing di telinga kaum milenial. Ya, Troye Sivan Mellet atau yang biasa dikenal Troye Sivan adalah seorang penyanyi berkebangsaan Australia.

Tak hanya dalam dunia tarik suara, pria 23 tahun itu juga pernah membintangi beberapa film seperti X-Men dan Boy Erased.

Di bulan Juni 2018, pria kelahiran 25 Juni itu juga menggandeng penyanyi muda berbakat, Ariana Grande untuk berkolaborasi bersamanya dalam lagu yang berjudul Dance To This.

Meski dihujani dengan sederet kesuksesan, kehidupan Troye Sivan juga tak lepas dari masa-masa sulitnya. Ia diketahui mengidap sindrom marfan.

Dari Mayoclinic seperti dilansir oleh HiMedik, sindrom marfan adalah kelainan bawaan yang memengaruhi jaringan ikat yang memengaruhi jantung, mata, pembuluh darah dan kerangka.

Troye Sivan. (seventeen.com)
Troye Sivan. (seventeen.com)

Seseorang yang menderita kelainan ini biasanya memiliki postur tubuh yang tinggi dan kurus tapi dengan ukuran lengan, kaki, jari tangan dan kaki yang tak proporsional.

Kondisi ini bisa berat ataupun ringan. Jika aorta atau pembuluh darah besar yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh terpengaruh, hal tersebut ini bisa mengancam keselamatan jiwa.

Perawatan sindrom marfan di antaranya melalui terapi obat untuk menjaga tekanan darah tetap rendah sehingga mengurangi ketegangan pada aorta. Meski begitu, banyak orang dengan sindrom marfan akhirnya memerlukan operasi pencegahan untuk memperbaiki aorta.

Gejala sindrom marfan bervariasi. Dalam banyak kasus, kondisi ini akan memburuk seiring bertambahnya usia, antara lain : 

1. Tinggi dan ramping
2. Lengan, kaki dan jari yang tak proporsional
3. Tulang dada yang menjorok ke luar atau mengarah ke dalam
4. Langit-langit mulut yang tinggi dan melengkung
5. Rabun jauh
6. Tulang punggung melengkung yang tak normal
7. Kaki datar

Sindrom yang memengaruhi pria dan wanita ini disebabkan oleh gen yang biasanya diwarisi dari orang tua. Jika kamu atau anggota keluargamu mengalami gejala-gejala di atas, segera dapatkan saran dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini