Info

Di Balik Sensasi Film Horor, Tersembunyi 5 Manfaat Kesehatan Ini

Teriak, tutup mata bahkan tahan napas saat tonton film horor ternyata punya manfaat untukmu.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ketakutan saat tonton film horor ternyata punya manfaat kesehatan. (Ganlob.com)
Ketakutan saat tonton film horor ternyata punya manfaat kesehatan. (Ganlob.com)

Himedik.com - Sensasi menonton film horor memang lebih berbeda jika dibandingkan dengan film-film bergenre lain. Film horor bukan hanya bisa menstimulasi otak namun juga bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat di sini adalah bergantung pada seberapa takutnya kamu saat menonton film tersebut. Semakin banyak jeritan saat kamu takut, maka detak jantungmu semakin meningkat, sehingga lebih banyak oksigen yang dihirup dan karbon dioksida yang dilepas.

Beberapa manfaat menonton film horor telah dirangkum HiMedik dari Indiatimes.

1. Membakar kalori

Sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2012 oleh University of Westminster di Inggris meminta 10 orang untuk menonton beberapa film horor yang berbeda.

Hasilnya, mereka yang menonton film paling menakutkan melompat beberapa kali yang menyebabkan 113 kalori terbakar. Jumlah kalori yang terbuang ini sama dengan ketika kamu berjalan selama kurang lebih 30 menit.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal Stress mengungkapkan menonton film yang menakutkan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk jangka pendek dengan meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih (melawan infeksi).

Seorang ahli imunologi pada University College London, Natalie Riddell, menegaskan kembali bahwa film horor bisa melepaskan hormon adrenalin yang bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Ketakutan saat tonton film horor ternyata punya manfaat kesehatan. (Kabar6.com)
Ketakutan saat tonton film horor ternyata punya manfaat kesehatan. (Kabar6.com)

3. Meningkatkan suasana hati

Menonton film horor juga bisa meningkatkan suasana hati dengan cara mendorong rangsangan negatif secara signifikan. Seseorang yang cemas akan merasa kurang frustasi dan lebih bahagia setelah menonton film seram.

4. Baik untuk kesehatan otak

Aliran emosi yang naik turun bisa melepaskan hormon bahagia di otak seperti dopamin, serotonin dan glutamat. Hormon ini juga bisa meningkatkan mood yang bisa mengurangi rasa cemas.

5. Membantumu dengan fobia tertentu

Kamu takut pada laba-laba di sudut ruangan? atau takut akan ketinggian? Menghadapi itu dengan menonton seseorang berkelahi dan mengatasinya dalam film bisa membantumu menghadapi ketakutan atau fobia yang kamu alami.

Untuk mendapatkan manfaat dari film horor yang kamu tonton, kamu harus benar-benar merasa takut. Jadi, pastikan film yang kamu tonton bisa memberikanmu sensasi 'the real horror' ya.

Berita Terkait

Berita Terkini