Info

Merokok Setelah Makan, Efeknya 10 Kali Lebih Berbahaya

Merokok itu berbahaya bagi kesehatan. Apalagi dilakukan setelah makan, dampakanya lebih mematikan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

berhenti merokok (shutterstock)
berhenti merokok (shutterstock)

Himedik.com - Sudah banyak tayangan iklan mengingatkan tentang bahaya merokok. Bahkan kemasan rokok pun juga dibuat sedemikian rupa demi meningkatkan kesadaran perokok agar berhenti merokok.

Namun semua hal tersebut nyatanya sia-sia. Rokok masih tetap dicari bahkan setelah selesai makan. Padahal merokok setelah makan kabarnya lebih berbahaya daripada merokok di waktu biasa. Tentu saja kabar yang beredar bukanlah isapan jempol belaka.

Hal tersebut telah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan di Nigeria tepatnya di Universitas Illorin Teaching Hospital. Data penelitian menunjukkan bahwa merokok setelah makan, 10 kali lebih berbahaya daripada merokok di waktu lain.

Itu terjadi karena ketika kita makan, maka tubuh akan mulai bekerja menyerap beragam nutrisi yang masuk dan dibutuhkan. Sehingga darah akan mulai menyebarkan nutrisi-nutrisi tersebut ke seluruh tubuh.

perbedaan paru-paru bukan perokok dan perokok (YouTube)
perbedaan paru-paru bukan perokok dan perokok (YouTube)

Nah, di sinilah akar permasalahannya. Zat berbahaya dalam rokok juga akan ikut terserap dan disebarkan darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu persebaran racun yang ada pada rokok ke tubuh tidak bisa dihindari.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kebiasaan buruk ini akan membuat kualitas sperma menurun bahkan bisa terkena impotensi. Tak hanya itu, organ-organ penting seperti jantung, hati, ginjal, dan usus berisiko tinggi terkena gangguan kesehatan yang berbahaya.

Jadi, jika belum bisa berhenti merokok setidaknya jangan lakukan kegiatan tersebut setelah makan. Dampaknya sangatlah berbahaya!

Berita Terkait

Berita Terkini