Info

Mengapa Tangan Panas Setelah Menyentuh Cabai?

Beberapa orang merasakan sensasi panas setelah menyentuh cabai. Ternyata ini penyebabnya.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

cabai (kemdikbud)
cabai (kemdikbud)

Himedik.com - Kamu pasti pernah bahkan sering merasakan tangan panas seperti terbakar setelah menyentuh cabai. Meski tidak semua orang mengalami hal serupa. Tapi, hal seperti itu wajar terjadi kok.

Hal ini dikarenakan cabai mengandung senyawa yang bernama capsaicin. Ketika bersentuhan dengan kulit, senyawa tersebut akan menimbulkan sensasi panas bahkan nyeri.

Tak hanya di kulit tangan, capsaicin juga bisa mengakibatkan rasa panas jika bersentuhan dengan selaput lendir seperti mata, hidung, dan mulut. Jadi jangan heran, kalau kamu makan pedas tapi mulut kamu juga ikut merasakan panas.

Pada umumnya, efek panas yang ditimbulkan oleh senyawa tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa menit hingga jam. Tetapi jika tidak tahan dengan rasa panasnya, kamu bisa meredakannya dengan mencuci tangan atau merendamnya dengan air es.

mencuci tangan (pinterest)
mencuci tangan (pinterest)

Cara lainnya, kamu bisa menggosok tangan dengan minyak zaitun atau garam. Jika rasa panas yang dialami tak kunjung reda dan kamu merasa hal tersebut tidak wajar, maka konsultasikan ke dokter.

Biasanya dokter akan memberikan resep obat seperti salep untuk meredakan rasa nyeri atau panas yang dialami. Perlu untuk diingat, jangan sekali-kali kamu menyentuh mata atau hidung jika tangan masih terasa panas.

Hal tersebut menandakan zat capsaicin masih menempel di tangan, dan jika menyentuh organ lain bisa menyebabkan zat capsaicin berpindah. Sehingga bukan tidak mungkin organ tersebut juga merasakan sensasi panas.

Nah, jika tangan kamu sensitif sekali dengan senyawa tersebut ada baiknya menggunakan sarung tangan, sendok, atau alat bantu lain ketika menyentuh cabai.

Berita Terkait

Berita Terkini