Info

Mencium Kentut Berbau Busuk Ternyata Bermanfaat Loh

Bau kentut yang tidak sedap dapat dijadikan obat untuk berbagai penyakit jika menghirupnya.

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Ilustrasi bau kentut (spiegel)
Ilustrasi bau kentut (spiegel)

Himedik.com - Kentut orang lain memang menyebalkan bagi kita, terutama jika kentut yang dikeluarkan memiliki bau tidak sedap. Tapi, kentut adalah salah satu proses alami yang pastinya pernah dilakukan semua orang tanpa terkecuali untuk mengurangi tekanan di dalam tubuh.

Namun, tahukah kamu? Beberapa penelitian berhasil membuktikan jika mencium bau kentut ternyata memiliki banyak manfaat.

Studi dilakukan di Universitas Exeter, Inggris dua tahun lalu. Peneliti membuktikan bahwa bau kentut tidak sedap seperti telur busuk tidak selalu menjadi malapetaka atau bencana bagi yang menciumnya.

Dalam penelitian tersebut didapati bahwa gas hidrogen sulfida (racun tak berwarna beraroma mirip telur busuk yang tak jarang muncul saat perut kembung) dapat dijadikan obat untuk mengobati penyakit.

Dilansir The Week dan NBC News Mark, Dr. Mark Wood profesor di Universitas Exeter, menyatakan bahwa gas hidrogen sulfida sangat tajam dan berbau busuk yang secara alami diproduksi dalam tubuh, sebenarnya bisa menjadi pahlawan kesehatan, bahkan terapi masa depan untuk berbagai penyakit.

Gas hidrogen sulfida yang jika dihirup dalam dosis tepat mempunyai kekuatan mengurangi risiko kanker, stroke, serangan jantung, dan demensia.

Selain itu, menurut penelitian, kentut dengan bau tidak sedap atau dengan aroma telur busuk merupakan tanda tubuh yang sehat.

Bau busuk tersebut berasal dari gas yang mengandung sulfur seperti methanethiol, hidrogen, sulfida, dan dimethyl sulfida, serta dari bakteri yang berada di usus dan feses yang tertahan di rektum.

Berita Terkait

Berita Terkini