Info

Hati-hati! Ini Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan IQ Menurun

Ada beberapa kegiatan yang justru berpotensi menurunkan IQ.

Rauhanda Riyantama

Membaca buku. (bukupedia)
Membaca buku. (bukupedia)

Himedik.com - Jika biasanya yang disuguhkan adalah tips dan trik meningkatkan IQ. Justru tidak banyak yang tahu, ada beberapa kegiatan yang justru berpotensi menurunkan IQ. Bahkan, kegiatan itu dekat dengan keseharian.

Berbagai macam penelitian juga telah membuktikan dampak dari kegiatan ini terhadap IQ seseorang. Jadi, sebaiknya berhati-hati sebelum melakukannya. Atau gunakan dengan cara berbeda.

1. Mengonsumsi gula

Bagi penggemar makanan dan minuman manis harus tetap waspada. Konsumsi glukosa atau gula berlebihan ternyata juga bisa memperlambat kinerja otak. Hal ini dibuktikan oleh penelitian dari University of California, Los Angeles.

Kandungan glukosa yang sering dijumpai di minuman bersoda dapat mengganggu fungsi insuli yang berperan dalam mengonversikan gula sebagai energi untuk otak. Lama-lama kinerja insulin akan melemah dan mempengaruhi proses pembelajaran dan juga ingatan.

2. Terlalu banyak begadang

Selain tidak baik untuk kesehatan, begadang juga berdampak pada fungsi otak. Dilansir dari Time, kurang tidur dapat mengganggu fungsi kognitif seseorang. Tak tanggung-tanggung, kekurangan waktu tidur sebanyak satu jam saja sudah merusak dua tahun proses perkembangan kognitif.

3. Makan permen karet

Makan permen karet. (thinkstockphotos.com)
Makan permen karet. (thinkstockphotos.com)

Sebuah studi yang dilakukan oleh Cardiff University menemukan bahwa fungsi memori jangka pendek dapat terganggu akibat dari mengunyah permen karet. Secara tidak langsung, aktivitas mengunyah permen karet dapat berdampak pada IQ seseorang karena proses identifikasi dan pengurutan objek. Ketika kamu mengunyah permen karet, kedua proses tersebut yang difungsikan oleh memori jangka pendek menjadi terganggu, alhasil bisa mempengaruhi kecerdasanmu.

4. Menonton reality show

Hiburan yang ditawarkan reality show ternyata gak seberapa dengan dampak yang dihasilkannya. Dilansir dari The Telegraph, salah satu jenis acara populer ini tanpa disadari dapat memengaruhi perilaku penontonnya. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada fungsi kognitif di otak yang akhirnya mempengaruhi cara berpikir.

5. Melakukan berbagai pekerjaan

Dibuktikan dari penelitian oleh Stanford University, bahwa mengerjakan berbagai perkerjaan secara bersamaan ternyata juga berpotensi menurunkan IQ-mu. Disinyalir, ternyata otak kita tidak memiliki kemampuan untuk memproses berbagai informasi di waktu informasi.

Orang yang gemar multitasking diketahui tidak memiliki kendali baik terhadap memori dan juga konsentrasi. Akhirnya yang dirugikan adalah otak dan fungsi kognitifnya.

Itulah beberapa kegiatan yang justru berdampak buruk pada kecerdasan. Tidak bisa dihindari memang, tapi bisa diimbangi dengan pola hidup sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini