Info

Konsumsi Air Kelapa dan Nikmati Manfaatnya

Air kelapa memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tapi ingat, tetap perhatikan porsi dalam mengonsumsinya ya.

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Air kelapa (telegraph)
Air kelapa (telegraph)

Himedik.com - Saat sedang berlibur ke pantai, rasanya air kelapa seringkali menjadi pilihan untuk menemani suasana pantai.

Rasanya yang manis nan menyegarkan sangat cocok diteguk kala terik siang atau senja di pinggir pantai.

Air kelapa merupakan minuman steril karena terlindungi oleh tempurung keras dan sabut kelapa tebal.

Menurut Prof. DR. Made Astawan, kandungan air kelapa terdiri dari gula (glukosa, fruktosa, dan sukrosa), protein, lemak, mineral, Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan juga asam folat.

Tidak hanya itu, air kelapa muda juga mengandung tanin yang mampu melindungi tubuh karena menghalangi pertumbuhan bakteri yang ada di dalam tubuh. Unsur kalium yang terdapat dalam air kelapa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Orang yang memiliki keluhan sembelit akan mendapat manfaat jika mengonsumsi air kelapa, karena air kelapa membantu proses kerja organ pencernaan. 

Nah, selain yang sudah disebutkan di atas ternyata masih banyak lho manfaat dari air kelapa, ini di antaranya

1. Mencegah penuaan dini

Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.

2. Penting bagi kesehatan kulit

Memiliki masalah pada wajah seperti jerawat, komedo, atau lainnya? Air kelapa bisa menjadi solusi dengan cara usapkan di wajah dan biarkan semalaman. Ia memiliki sifat memperbaiki dan baik untuk kulit bahkan dapat diterapkan pada tangan dan kuku.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa dapat dikatakan air super, karena memiliki sifat anti virus dan anti bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus seperti flu.

Banyak kan manfaat air kelapa? Tapi kamu tetap perlu perhatikan porsi yang seimbang dalam mengonsumsi air kelapa ya.

Berita Terkait

Berita Terkini