Info

Empat Cara Sembuhkan Sakit Gigi Sebelum Ke Dokter

Bahan rumah ini ampuh lho.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Bahan rumah untuk sembuhkan sakit gigi. (home.bt.com)
Bahan rumah untuk sembuhkan sakit gigi. (home.bt.com)

Himedik.com - Sakit gigi memang sangat menyakitkan. Pasalnya, kadang rasa sakit ini menjalar sampai ke mata bahkan hingga kepala.

Lebih parahnya, gusi menjadi bengkak sehingga menyulitkan kamu untuk konsumsi sesuatu.

Dari brightside, HiMedik menemukan empat cara pengobatan rumah yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi sebelum kamu ke dokter.

1. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh memiliki berbagai manfaat kesehatan, namun minyak ini terkenal untuk mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan masalah gigi.

Caranya, tambahkan 2 tetes cengkeh pada kapas dan letakkan di gigi yang sakit sampai rasa sakit perlahan hilang.

2. Garam laut

Garam laut bisa menyembuhkan banyak penyakit selain sakit gigi, misalnya mengatur detak jantung dan tekanan darah, membangun kekebalan tubuh serta memiliki sifat anti bakeri alami.

Caranya mudah, ambil satu sdm garam kemudian larutkan ke dalam gelas berisi air hangat. Berkumurlah dan buang sampai air garam habis.

Bahan rumah untuk sembuhkan sakit gigi. (thefitglobal.com)
Bahan rumah untuk sembuhkan sakit gigi. (thefitglobal.com)

3. Bawang putih

Bawang memiliki senyawa sulfur yang mudah menguap. Ketika bawang bersentuhan dengan air liur, maka akan membentuk asam sulfat yang dapat memberi gigi efek mati rasa, sehingga mengurangi rasa sakit.

Kamu hanya perlu memotong potongan besar bawang dan mulailah mengunyah di area yang terkena sampai rasa bawang memudar.

4. Kompres air dingin

Dengan menerapkan es ke area yang sakit, itu dapat mematikan saraf yang menyebabkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan serta peradangan.

Selanjutnya, es juga menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga tidak memungkinkan banyak darah untuk melewatinya, sehingga membuat rasa sakit menjadi kurang parah.

Caranya letakkan es dalam kain dan terapkan pada bagian luar mulut selama 20 menit. Ulangi setiap beberapa jam.

Jika sudah memakai bahan-bahan di atas namun masih tetap sakit, sebaiknya kamu ke apotek dan membeli obat gigi atau penghilang rasa sakit.

Berita Terkait

Berita Terkini