Info

Tak Hanya Menyehatkan, Ini Manfaat Mengejutkan dari Teh Hitam

Mulanya teh hitam ditemukan di Cina sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Rauhanda Riyantama

Teh hitam. (harney.com)
Teh hitam. (harney.com)

Himedik.com - Kini berbagai varian olahan teh kian menjamur di kedai atau restoran. Salah satunya adalah teh hitam, teh ini menjadi sangat populer karena memiliki banyak manfaat. 

Mulanya teh hitam ditemukan di Cina sekitar 4.000 tahun yang lalu. Teh ini mempunyai antioksidan dan fitonutrien yang bisa membantu mengeluarkan racun sehingga punya efek menyehatkan bagi tubuh. Teh hitam pun mempunyai kandungan kafein yang lebih rendah daripada kopi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat teh hitam untuk kesehatan.

1. Bisa menurunkan berat badan

Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)
Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)

Salah satu solusi untuk yang sedang menjalani diet sehat. Rutin mengonsumsi teh hitam dapat membantu menurunkan berat badan jika selaras dengan gaya hidup sehat dan olahraga yang teratur.

2. Menurunkan kolestrol

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utama kadar kolestrol di dalam tubuh meningkat. Kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan penyakit lainnya.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi teh hitam secara rutin dapat menurunkan kadar kolestrol hingga 11,1%.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)
Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)

Semakin bertambahnya usia, kekuatan tulang semakin menurun. Nah, salah satu kandungan di dalam teh hitam diklaim merupakan pengganti kalsium. Jadi, bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang.

4. Menurunkan risiko kanker rahim

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Salah satu kandungan di dalam teh hitam yaitu theaflavin diklaim bisa menghambat pertumbuhan sel ovarium. Jika ingin mencegah, mengonsumsi teh hitam secara rutin sangat dianjurkan.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)
Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)

Teh hitam mempunyai kandungan flavonoid yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Disarankan meminum tiga cangkir teh hitam per hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Ternyata Ini Manfaat dari Teh Hitam

Berita Terkait

Berita Terkini