cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Kamis, 16 Juli 2020

Empat Bahaya dari Mata Minus yang Tinggi

Hindari kebiasaan yang menjadi penyebab mata minus, ya.

Dany Garjito | Krishnayanti C
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mata minus (tuckerup)
Ilustrasi mata minus (tuckerup)

Himedik.com - Mata minus memang tak jarang dialami oleh sebagian besar orang. Hampir beberapa orang yang berada di sekitar kita menggunakan kacamata akibat mata minus.

Mata minus disebabkan oleh berbagai hal, seperti sering menonton televisi terlalu dekat, hobi membaca buku, sering bermain game, bermain handphone sebelum tidur di ruang gelap, sering menghadap komputer, dan masih banyak lagi.

Minus pada mata yang dialami oleh penderita juga bermacam-macam, mulai dari minus setengah sampai sepuluh ataupun lebih.

Namun, tahukah kamu bahwa minus yang tinggi dapat membahayakan? Berikut HiMedik mengulas bahayanya.

1. Kebutaan

Penderita minus tinggi memiliki risiko yang tinggi mengalami kebutaan. Terkhusus untuk ibu hamil, jika memiliki mata dengan minus yang tinggi, tidak disarankan untuk melahirkan secara normal.

Kondisi tersebut dapat memicu kebutaan karena pada saat mengejan dapat mengganggu sistem saraf sehingga menipiskan retina mata secara perlahan.

2. Ablasio retina mata

Ablasio retina mata adalah kondisi dimana saraf-saraf mata mengalami penyusutan yang kemudian secara perlahan mata akan mengalami kelainan karena peradangan yang terjadi di area retina mata.

Biasanya minus tinggi akibat kondisi tersebut dialami oleh mereka yang menggunakan komputer berlebihan dan menonton televisi terlalu dekat.

3. Kelopak mata membengkak

Secara perlahan, orang dengan minus tinggi akan mengalami pembengkakan pada kelopak mata bagian bawah.

Hal ini terjadi akibat kelelahan mata dan menurunnya elastisitas kolagen di area kelopak mata seiring bertambahnya tingkat minus mata.

4. Penglihatan terganggu

Mata minus tinggi juga dapat menyebabkan penderita mengalami gangguan penglihatan. Pandangan menjadi lebih pendek dan sempit.

Biasanya, penderita tidak lagi mampu melihat benda dalam jarak 10 meter bahkan hingga tidak mampu mengenali orang yang berada di dekatnya.

Tidak mau hal ini terjadi pada dirimu kan? Maka dari itu, kurangi kebiasaan yang dapat menyebabkan mata minus atau kamu juga bisa selalu mengonsumsi wortel atau buah dan sayur lainnya yang menyehatkan mata.

Terkait

Terkini