Info

Pangeran William Rilis Situs Kampanye Kesehatan Mental Pekerja

Hasil survei menunjukkan bahwa hampir 48 persen pekerja di Inggris pernah mengalami masalah kesehatan mental.

Rauhanda Riyantama

Pangeran William saat meluncurkan situs web. (Twitter/Kensington Palace)
Pangeran William saat meluncurkan situs web. (Twitter/Kensington Palace)

Himedik.com - Keluarga Kerajaan Inggris rupanya sangat serius menanggapi isu kesehatan mental rakyatnya. Pasalnya, baru-baru ini Pangeran William meluncurkan sebuah situs web untuk meningkatkan kesehatan mental di tempat kerja.

Proyek yang dinamai Mental Health at Work itu diluncurkan oleh Duke of Cambridge (julukan Pangeran William)  di sebuah acara di Bristol. Dalam acara itu, ia sekaligus merilis situs yang membahas seputar kesehatan mental dan penelitian yang membahas topik tersebut.

Situs web itu dibuat karena hasil survei menunjukkan bahwa hampir 48 persen pekerja di Inggris pernah mengalami masalah kesehatan mental pada pekerjaan mereka masing-masing. Survei terhadap 44 ribu pekerja oleh badan bernama Mind menemukan hanya separuh yang membahas masalah dengan atasannya. 

''Sekarang adalah waktunya untuk cara berpikir kita tentang kesehatan mental di tempat kerja. Semua pengusaha perlu membuatnya fokus dan mendukung staf mereka,'' kata Paul Farmer, kepala eksekutif organisasi Mental Health at Work, seperti dikutip CNN.

Sebuah penelitian Deloitte yang dirilis pada 2017 menemukan, masalah kesehatan mental membebani pengusaha Inggris antara 33 miliar dan 42 miliar euro setiap tahun. Efek menjaga kesehatan mental ini bukan hanya penting untuk karyawan, namun, perusahaan pun akan mendapatkan efeknya pula.

''Kami tahu bahwa pengusaha ingin melakukan lebih banyak dan mulai melihat kesehatan mental sebagai prioritas, tetapi sering tidak tahu harus mulai dari mana. Situs Mental Health at Work yang baru akan mengubah itu,'' lanjut Paul Farmer.

Situs tersebut menawarkan pelatihan, informasi, dan sumber daya karyawan untuk mempromosikan kesejahteraan mental yang positif. Di dalamnya terdapat dokumen, podcast dan blog, dan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pencarian mereka berdasarkan sektor.

Peluncuran situs ini mengikuti gerakan Pangeran William sebelumnya untuk kampanye kesehatan mental Heads Together, yang ia luncurkan bersama saudaranya, Pangeran Harry, pada 2016.

Ayah tiga anak ini mengatakan, ketika bekerja dapat memberikan rasa kepuasan yang besar, kadang-kadang menjadi sumber stres yang signifikan dan berdampak negatif terhadap kesehatan mental.

Sebenarnya, isu kesehatan mental tidak hanya terjadi di Inggris saja. Kesehatan mental juga jadi salah satu permasalahan kesehatan yang perlu perhatian khusus di Indonesia. Semoga pemerintah Indonesia segera terinspirasi untuk melakukan hal serupa ya!

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Pangeran William Luncurkan Situs untuk Kesehatan Mental Pekerja

Berita Terkait

Berita Terkini