Info

Dua Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Membahayakan Kulit Wajah

Penggunaan cairan jeruk pada wajah ternyata bisa timbulkan peradangan di wajah.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi wajah bersih. (iStock)
Ilustrasi wajah bersih. (iStock)

Himedik.com - Beberapa bahan alami seperti buah kerap disarankan untuk dijadikan rangkaian perawatan wajah. Salah satu contohnya adalah buah lemon.

Padahal menurut ahli, ternyata buah ini tidak boleh diaplikasikan pada wajah lho. Selain jeruk juga ada minyak kelapa yang ternyata tidak diperuntukkan bagi wajah.

Kenapa ya? Simak ulasan berikut.

1. Jeruk nipis dan lemon
Kadar vitamin C dalam jeruk nipis dan lemon memang baik untuk tubuh. Tapi menurut dr. Bhanusali jika cairan jeruk dioleskan pada wajah, lalu dibiarkan begitu saja tanpa dibersihkan untuk beraktivitas di luar ruangan, maka akan menimbulkan peradangan seperti luka bakar di kulit.

Dalam istilah medis, kondisi ini disebut phytophotodermatitis.

Jeruk nipis (pexels)
Jeruk nipis (pexels)

2. Minyak kelapa
Menurut penuturan dr. Ibrahim meski bersifat antioksidan, bahaya yang ditimbulkan minyak kelapa bisa lebih banyak daripada manfaatnya jika diaplikasikan pada kulit yang berminyak.

Pasalnya minyak kelapa memiliki tekstur tebal, sehingga kulit sulit menyerapnya dan berisiko menyumbat pori-pori, dan malah memberi makan bakteri, sehingga menyebabkan penumpukan jerawat.

Lebih lanjut dr. Ibrahim lebih menyarankan untuk memilih minyak zaitun. Pengaplikasiannya jangan langsung menggunakan tangan tapi menggunakan bola kapas.

Jadi ingat ya ladies, jangan terburu termakan informasi yang beredar di internet. Pastikan dulu manfaat dan bahayanya bagi kulit.

Berita Terkait

Berita Terkini