Info

Gangguan Tiroid Dilihat dari Kondisi Tangan dan Kuku

Cek kondisi tanganmu sekarang sebelum terlambat.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kuku rapuh. (boldsky)
Kuku rapuh. (boldsky)

Himedik.com - Kelenjar tiroid terletak di pangkal leher yang bertanggung jawab memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Ini adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu.

Ketika kelenjar tiroid terlalu aktif, kondisi ini disebut sebagai hipertiroidisme, sedangkan ketika kelenjar tiroid kurang aktif, kondisi ini disebut sebagai hipotiroidisme.

Untuk mengidentifikasi gangguan dengan kelenjar ini, tes darah dilakukan untuk mengukur tingkat hormon tiroid (T4 atau tiroksin) dan hormon perangsang tiroid (TSH).

Sebelum kamu melakukan tes darah, ada baiknya kamu mengecek kondisi tanganmu. Dilansir dari boldsky, HiMedik menemukan beberapa kondisi tangan yang menunjukkan adanya gangguan tiroid.

1. Tangan dingin

Ketika tangan menjadi dingin, itu bisa menunjukkan kurangnya aliran darah. Selama hipotiroidisme, aktivitas kelenjar tiroid rendah. Ini terkait dengan terlalu banyak homocysteine.

Homocysteine adalah asam amino yang berhubungan dengan aliran darah yang buruk, pembuluh darah yang kaku dan penyakit jantung. Alasan di balik ini adalah bahwa nutrisi penting yang dibawa dalam darah tidak mencapai tangan dan kaki.

2. Kerutan di tangan

Kulit keriput. (boldsky)
Kulit keriput. (boldsky)

Dengan hipotiroidisme, garis-garis halus dan kerutan muncul di kulit dan kemungkinan besar terlihat di tangan.

Tiroid yang kurang aktif membuat kamu menua lebih cepat sehingga terjadi kerutan lebih awal. Kulit kering juga terjadi ketika seseorang memiliki kelenjar tiroid yang kurang aktif.

3. Kulit kuning

Hipotiroidisme membuat kulit menjadi pucat dan kuning. Terkadang warna kulit ini juga berubah menjadi oranye.

Perubahan warna ini disebabkan oleh penurunan hormon tiroid. Kulit bisa terlihat merah dan bersisik.

Ini juga cenderung terjadi iritasi dan gatal. Perubahan warna biasanya terlihat di telapak tangan.

4. Kuku yang kekuningan

Kuku kekuningan. (boldsky)
Kuku kekuningan. (boldsky)

Terlepas dari kulit yang berubah warna, hipotiroidisme juga dapat membuat kuku berubah menjadi kuning akibat kurangnya aliran darah ke bagian ini.

5. Kuku rapuh

Kuku cepat rapuh. (boldsky)
Kuku cepat rapuh. (boldsky)

Ciri lainnya adalah kuku rapuh karena terlalu kering serta mudah patah. Ketika seseorang memiliki hipotiroidisme, kuku tidak hanya berubah warna tetapi juga menjadi rapuh dan terkelupas.

6. Onikomikosis

Kuku rapuh. (boldsky)
Kuku rapuh. (boldsky)

Kurangnya aliran darah ke tangan dan kaki menyebabkan kerusakan kuku. Kuku juga menjadi rentan terhadap infeksi jamur.

Gangguan ini disebut sebagai onikomikosis. Kuku kuku lebih rentan terhadap infeksi ini. Kondisi ini ditandai dengan hiperkeratosis pada dasar kuku.

Ini dapat menyebabkan pelepasan lempeng kuku dari dasar kuku. Ini juga menyebabkan perubahan warna kuning pada lempeng kuku.

Ketika kamu melihat tanda-tanda hipotiroidisme, lebih baik untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sedini mungkin sehingga mendapatkan pengobatan yang tepat.

Berita Terkait

Berita Terkini