Info

Selain Turunkan Tekanan Darah, Berikut Manfaat Lain Kiwi

Yuk, cek apa saja manfaat kiwi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Kiwi. (Livestrong.com)
Kiwi. (Livestrong.com)

Himedik.com - Kiwi menjadi salah satu buah rendah kalori tetapi juga kaya akan sumber antioksidan, vitamin C dan serat. Mengingat banyaknya kandungan tersebut, kira-kira apa saja manfaat kiwi sebenarnya?

Dilansir dari Medicaldaily, kiwi juga memiliki nutrisi seperti folat, potasium, vitamin K, E, fitokimia, dan masih banyak lagi.

HiMedik sudah merangkum beberapa alasan kenapa kamu harus rajin-rajin mengonsumsi buah ini. Yuk, disimak.

1. Membantu menjaga berat badan sehat

Kiwi adalah sumber serat makanan yang baik dan dapat membantu kamu merasa kenyang. Ahli diet mengatakan kulit buah juga harus dikonsumsi karena mengandung 50 persen kandungan serat.

Meskipun kaya serat, kiwi rendah kalori, gula, dan lemak. Satu kiwi besar diperkirakan hanya mengandung 55 hingga 60 kalori sementara kiwi ukuran sedang menawarkan sekitar 7 gram gula, hanya sepertiga dari jumlah yang ditemukan dalam satu apel.

Buah ini juga bisa sebagai camilan manis namun sehat yang cocok dikonsumsi setelah olahraga.

2. Mengurangi tingkat tekanan darah

Dalam sebuah penelitian pada 2011 lalu, peserta dengan tekanan darah yang tinggi diinstruksikan untuk makan tiga kiwi atau satu apel sehari.

Pada akhir penelitian, orang-orang yang mengonsumsi buah ini ditemukan memiliki tekanan darah sistolik yang lebih rendah.

Kiwi. (Ngopibareng)
Kiwi. (Ngopibareng)

''Kiwi bukan buah ajaib, tetapi tentunya menambahkan kiwi ke dalam diet dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah yang tinggi,'' kata Dr Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung preventif di Lenox Hill Hospital, New York City.

3. Memberi dorongan sistem kekebalan tubuh

Kiwi dikenal kaya nutrisi, terutama vitamin C sehingga diyakini mendukung berbagai fungsi yang berkontribusi terhadap sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi kiwi dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi keparahan penyakit yang berkaitan dengan daya tahan tubuh, misalnya flu.

4. Membantu meningkatkan kesehatan mata

Kiwi mengandung kadar lutein dan zeaxanthin yang tinggi, yakni antioksidan yang dapat melindungi terhadap kerusakan mata dari radiasi ultraviolet, asap rokok, dan polusi udara.

''Antioksidan masuk ke lensa dan retina mata dan menyerap cahaya yang terlihat,'' kata Dr Elizabeth J. Johnson, ilmuwan peneliti dan profesor di Tufts University di Boston.

Satu studi juga menunjukkan bagaimana buah dapat menurunkan degenerasi makula yang menjadi penyebab utama kehilangan penglihatan, hingga sebesar 36 persen pada partisipan.

Manfaat kiwi banyak banget, kan? Sering-sering mengonsumsi kiwi, ya.

Berita Terkait

Berita Terkini