Info

Tujuh Efek Samping Pil Kontrasepsi yang Harus Kamu Tahu

Pertimbangkan sebelum kamu memilih.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Pil KB. (ModernMom)
Pil KB. (ModernMom)

Himedik.com - Banyak pilihan bagi pasangan suami istri untuk menekan angka kelahiran, salah satunya dengan menggunakan pil kontrasepsi.

Setiap alat kontrasepsi pasti memiliki manfaat serta kerugiannya masing-masing. Untuk kamu yang memilih pil kontrasepsi sebagai alat kontrasepsi, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

Tujuh efek samping penggunaan pil kontrasepsi bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi pilihan. Berikut efek samping yang telah dirangkum HiMedik dari laman medicalnewstoday.

1. Perubahan suasana hati

Kamu yang memiliki riwayat depresi, sebaiknya mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan pil kontrasepsi ini. Beberapa mengalami depresi atau perubahan emosional saat minum pil KB.

2. Mual

Beberapa wanita mengalami mual ringan saat pertama minum pil. Kamu bisa makan sambil minum pil atau minum menjelang tidur agar bisa membantu meringankan rasa mual.

Pil KB. (Mama Natural)
Pil KB. (Mama Natural)

3. Bercak intermenstrual

Sekitar 50 persen orang yang menggunakan pil kontrasepsi mengalami bercak layaknya menstruasi. Paling sering dalam 3 bulan pertama saat mulai minum pil.

Bercak ini mungkin terjadi karena rahim menyesuaikan diri dengan lapisan endometrium yang lebih tipis. Bisa juga karena tubuh menyesuaikan diri dengan kadar hormon yang berbeda.

4. Penurunan libido

Hormon dalam pil kontrasepsi dapat memengaruhi dorongan seksual pada beberapa orang. Jika kamu masih mengalami gangguan ini, kamu sebaiknya harus segera berkonsultasi ke dokter.

5. Sakit kepala

Periode tidak teratur, mual dan sakit kepala sering menjadi efek samping dari penggunaan pil KB.

6. Payudara terasa membesar dan terasa nyeri

Efek ini cenderung membaik beberapa minggu setelah meminum pil. Jika belum membaik, segera dapatkan saran dokter.

7. Keputihan

Beberapa wanita mengalami keputihan saat mengonsumsi pil ini. Kamu tidak perlu khawatir karena ini adalah normal.

Sebelum mengonsumsi pil kontrasepsi, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Pilih alat kontrasepsi yang menurutmu cocok dan sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Berita Terkait

Berita Terkini