Info

Arkadia Digital Media Sukses Suntikkan Saham Perdananya di BEI

PT Arkadia Digital Media Tbk sukses catatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Rauhanda Riyantama

Arkadia Digital Media catatkan saham perdana di BEI. (Arkadiacorp)
Arkadia Digital Media catatkan saham perdana di BEI. (Arkadiacorp)

Himedik.com - PT Arkadia Digital Media Tbk yang menaungi Himedik.com, telah sukses mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham DIGI, Selasa (18/9/2018).

Dengan torehan ini, PT Arkadia Digital Media Tbk menjadi perusahaan media digital pertama yang mencatatkan sahamnya di BEI.

Adapun jumlah saham baru yang dilepas dalam IPO Perseroan tercatat mencapai 150.000.000 lembar saham, atau sebesar 46,15% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Saham Umum Perdana.

Dana yang diperoleh dari IPO sendiri akan digunakan untuk peningkatan infrastruktur dan perangkat keras, pengembangan platform dan perangkat lunak, serta modal kerja.

Untuk diketahui, saat ini Perseroan mempunyai tiga anak perusahaan, masing-masing yaitu PT Arkadia Media Nusantara (AMN), PT Mata Media Nusantara (MMN), dan PT Integra Archipelago Media (IAM).

AMN saat ini telah mengelola media online Suara.com (general news and information) sebagai portal berita yang sedang bertumbuh pesat dan menempati peringkat atas di Indonesia dalam kategori media berita online versi Alexa.com yang telah diverifikasi oleh Dewan Pers.

AMN juga sedang mengembangkan Suara.com Regional yang akan berfokus untuk menyajikan berita-berita menarik sesuai segmen pembaca di wilayah masing-masing.

MMN saat ini mengelola beberapa media online seperti MataMata.com (celebrity and entertainment), BolaTimes.com (soccer and sports), serta HiTekno.com (technology and gadget).

Sementara IAM mengelola beberapa media online lainnya seperti DewiKu.com (female), MobiMoto.com (automotive and motorsport), GuideKu.com (travel and F&B), dan HiMedik.com (health and medical).

Tak hanya itu, guna memperkuat konten agar dapat mencakup beragam berita dan kejadian di berbagai wilayah tanah air, Perseroan juga telah menjalin kerja sama dengan puluhan media online lokal.

Kolaborasi ini membuat konten berita dan informasi dalam berbagai media online naungan Perseroan lebih bervariasi serta berimbang antara konten nasional dan regional.

Sedangkan untuk lini usaha lainnya, Perseroan juga menekuni layanan penyedia konten untuk operator telekomunikasi, creative agency, multimedia production house, dan event planner.

Nantinya Perseroan juga akan berkutat dalam bidang usaha content aggregator dengan mengembangkan aplikasi mobile, di mana konten dari seluruh media online milik Perseroan serta konten dari para partner media online lokal akan dirangkum dan dikemas dalam satu aplikasi.

Diketahui, pengguna internet di Indonesia sendiri dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Indonesian Internet Service Provider Association (APJII) pada tahun 2017, tercatat dari 262 juta penduduk Indonesia, baru sebanyak 143 juta orang (54,68%) telah aktif menggunakan internet.

Oleh sebab itu, dengan masih besarnya peluang pasar sekaligus potensi pengembangan di bisnis media digital, Perseroan hadir dan terus melangkah maju, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang haus akan informasi yang independen, jujur, dan berimbang.

William Martaputra selaku Direktur Utama PT Arkadia Digital Media Tbk mengatakan, bahwa kreativitas tanpa batas dan banyaknya agenda pengembangan yang akan dilakukan Perseroan, menjadikan masa depan bisnis digital media ini sangat menjanjikan.

Kekuatan konten kekinian, kredibel, independen, dan disajikan dalam berbagai format di berbagai platform ditunjang dengan distribusi yang luas serta model bisnis kreatif dan beragam, Perseroan akan tumbuh secara signifikan.

Berita Terkait

Berita Terkini