Info

Kenapa Ada Rasa Pahit Saat Minum Jus Jeruk Setelah Menyikat Gigi?

Begini menurut riset.

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Minum jus jeruk. (pixabay)
Minum jus jeruk. (pixabay)

Himedik.com - Selain bisa menambah jumlah energi, jus jeruk yang disantap bersama oatmeal saat sarapan akan membuat harimu penuh dengan semangat.

Namun pernahkah kamu merasa kurang enak saat menyantap jus jeruk sesaat setelah kamu sikat gigi?

Mengapa pasta gigi memengaruhi rasa jus jeruk atau camilan manis yang kamu santap?

Dilansir dari livescience, ''Ini bermuara pada reseptor rasa pada lidah kita,'' kata Guy Crosby, seorang profesor nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Singkatnya, senyawa dalam pasta gigi yang disebut sodium lauryl sulfate (SLS) mengubah cara kita mengolah rasa tertentu, setidaknya untuk sementara.

Jika kamu menyentuh lidah, kamu akan melihat bahwa itu ditutupi dengan benjolan yang menyerupai pegunungan kecil.

Masing-masing benjolan ini terdiri dari berbagai perasa.

Minum jus jeruk. (unsplash)
Minum jus jeruk. (unsplash)

Saat kita makan sesuatu, makanan itu melepaskan molekul yang memiliki bentuk tertentu dan bentuk-bentuk ini mengambang di mulut kita.

Misalnya, ketika makan sesuatu yang pahit, molekul pahit dari makanan itu akan berikatan dengan reseptor pahit, kemudian mengirimkan serangkaian sinyal saraf ke otak kita sehingga kita bisa merasa pahit.

Namun, senyawa yang ada pada sebagian besar pasta gigi menimbulkan kekacauan pada molekul rasa dan reseptor rasa.

Sebuah penelitian telah menunjukkan SLS memengaruhi kemampuan reseptor rasa yang membuat senyawa ini lebih rentan terhadap rasa.

Menurut American Chemical Society, SLS tidak hanya menekan reseptor manis kita, tetapi juga menghapus fosfolipid - senyawa yang menghambat reseptor kepahitan. Akibatnya, kita merasa jus jeruk lebih pahit.

Crosby, penulis makalah pada studi tahun 1980 di jurnal Chemical Senses, menyatakan SLS mengurangi manisnya sukrosa (pada dasarnya gula), rasa asin natrium klorida (garam) dan kepahitan kina (penyedap yang digunakan dalam air tonik).

Di lain sisi, SLS meningkatkan kepahitan asam sitrat yang biasanya ditemukan dalam buah-buahan seperti jeruk.

Namun, ia juga menambahkan rasa pahit ini akan hilang dalam hitungan menit. SLS akan larut dalam air liur dan setelah kita makan makanan lain, rasanya akan kembali normal.

Untuk itu, kamu bisa mempertimbangkan pilihan lain yaitu konsumsi jus jeruk sebelum kamu sikat gigi.

Berita Terkait

Berita Terkini