cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Coba Sepatu Tanpa Kaus Kaki, Bocah Ini Terkena Sepsis

Sepsis merupakan komplikasi infeksi yang mengancam jiwa.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere
cloud_download Baca offline
Ilustrasi. (pixabay)
Ilustrasi. (pixabay)

Himedik.com - Sienna Rasul, bocah berumur 4 tahun dari South Wales, Inggris, dilaporkan terkena infeksi dan mengidap sepsis. Kondisi tersebut berpotensi mengancam nyawa akibat dipicu infeksi bakteri.

Dilansir dari Livescience, Sienna Rasul didiagnosis terkena sepsis yang membuatnya harus berada di rumah sakit selama lima hari. Ia terkena infeksi setelah pergi ke toko dan mencoba sepatu tanpa mengenakan kaus kaki.

Dokter memberi tahu ibu Sienna bahwa bocah itu mungkin terjangkit infeksi bakteri dari sepatu. Bakteri dimungkinkan masuk ke tubuhnya melalui luka atau goresan di kakinya. Namun, dokter menekankan tidak ada hal spesifik tentang sepatu yang akan membuat orang berisiko terkena infeksi semacam itu.

''Bakteri di sepatu bisa ada di mana saja. Jadi, tidak ada alasan untuk berpikir bahwa bakteri berasal dari sepatu,'' kata Dr. Amesh Adalja dari Pusat Kesehatan Universitas Johns Hopkins.

Menurut dia, mungkin saja infeksi ini sudah menginkubasi di tubuh Sienna ketika dia mencoba menggunakan sepatu itu. Dengan kata lain, Sienna mungkin sudah terinfeksi tetapi belum mengalami gejala apapun akhirnya mencoba sepatu tanpa kaus kaki di sebuah toko.

Ilustrasi. (pixabay)
Ilustrasi. (pixabay)

Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak berusia kurang dari 1 tahun dan orang dewasa berumur lebih dari 65 tahun. Bisa juga menyerang mereka dengan sistem kekebalan yang lemah dan mereka dengan kondisi medis kronis seperti diabetes atau kanker.

Adalja menambahkan, memakai kaos kaki tidak akan selalu mencegah kasus langka seperti yang terjadi pada Sienna.

Jika orang memang memiliki luka atau lecet, mereka harus segera mengobatinya dengan tindakan pertolongan. Selain itu, mereka harus mengawasi tanda-tanda infeksi, seperti kemerahan atau pembengkakan.

Meski begitu, sepsis yang menyerang Sienna Rasul disebut merupakan kasus yang sangat langka. Masyarakat tidak perlu khawatir bisa terinfeksi hanya dari mencoba sepatu.

''Untuk sebagian besar orang, mencoba sepatu tanpa kaus kaki tidak akan menyebabkan mereka mengalami sepsis,'' kata Adalja.

Terkait

Terkini