Info

Lima Praktik Pengobatan Tradisional Cina yang Terkenal Ampuh

Pengobatan Cina memang dikenal ampuh dari dulu.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Pengobatan China. (pixabay)
Pengobatan China. (pixabay)

Himedik.com - Pengobatan tradisional Cina didasarkan pada tradisi yang telah ada selama ribuan tahun.

''Masalah kesehatan disebabkan oleh ketidakseimbangan atau gangguan dalam energi vital tubuh,'' kata Christina Morris, ahli akupunktur berlisensi, herbalis dan pemilik Element Healing Arts di Brooklyn, New York.

Beberapa parktik ini memang terasa aneh, tapi pengobatan ini dikenal berhasil. Dilansir dari livestrong, HiMedik menemukan Lima pengobatan tradisional Cina yang dikenal ampuh sejak dulu.

1. Akupuntur

Akupunktur, telah ada selama ribuan tahun. ''Stimulasi titik akupunktur dapat meningkatkan sirkulasi, mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit dan menstimulasi respons penyembuhan alami tubuh,'' kata ahli akupuntur Christina Morris.

2. Bekam

''Bekam menggunakan gelas atau gelas plastik dapat menarik darah ke permukaan kulit,'' kata Jeremy Pulsifer, dokter akupunktur dan pengobatan Cina, pengawas klinis dan anggota fakultas di Pasifik, College of Oriental Medicine, New York.

Rasanya seperti pijatan, tetapi meninggalkan serangkaian memar melingkar yang bisa berlangsung lama. Berguna untuk menghilangkan nyeri, gangguan pernafasan dan peningkatan sirkulasi.

Bekam dianggap mempercepat proses detoksifikasi, membuang apa yang tidak dibutuhkan tubuh dan mengurangi pembengkakan dan peradangan.

3. Moksibusi

''Moksibusi melibatkan pembakaran ramuan yang disebut mugwort,'' kata herbalis Christina Morris.

Dalam pengobatan ini, panas dari ramuan dianggap dapat mendukung aliran dan sirkulasi darah, mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi organ dan mempercepat penyembuhan.

Sebuah studi 2016 yang diterbitkan dalam Laporan Ilmiah menemukan teknik ini bersama dengan akupunktur dapat mengurangi kelelahan.

4. Gua sha

Sebuah studi 2012 dari American Journal of Chinese Medicine menemukan pengobatan ini membantu mengurangi rasa sakit pada mereka yang mengalami leher kronis dan nyeri punggung bawah.

Selain itu, teknik ini juga sebagai pereda nyeri dan relaksasi.

5. Auriculotherapy

Teknik ini semacam akupuntur tetapi pada bagian telinga. Meskipun para peneliti masih memeriksa efektivitas kemampuan auriculotherapy untuk membantu insomnia, namun satu review pada 2010 dari 12 studi mendukung penggunaan auriculotherapy untuk meredakan nyeri.

Berita Terkait

Berita Terkini