Info

Sering Lupa? Ini Lima Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Ketemu teman lama tapi lupa namanya? Kamu harus baca tips ini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Tingkatkan daya ingat. (pixabay)
Tingkatkan daya ingat. (pixabay)

Himedik.com - Memori atau daya ingat menjadi salah satu aset berharga yang dimiliki setiap orang. Namun, tidak semua orang memiliki daya ingat yang cukup kuat, apalagi jika umur semakin bertambah.

Misalnya saat muncul sebuah kata dalam bahasa asing, kamu merasa pernah mengatahui artinya namun saat itu kamu benar-benar lupa. Oleh karena itu, penting untuk menjaga memori agar tetap tajam, misalnya dengan olahraga.

''Seiring waktu, kita mungkin dapat menemukan dan berbagi metodologi pembelajaran yang dua kali lebih baik dari hal-hal yang ada dalam rangka meningkatkan daya ingat,'' kata Cooke yang pernah dinobatkan sebagai Grand Master of Memory di awal usia dua puluhan.

Selain olahraga, HiMedik menemukan lima cara terbaik untuk meningkatkan daya ingat, menurut Cooke.

1. Coba tebak

Salah satu cara terbaik untuk mengingat kata baru adalah dengan menebak maknanya sebelum kamu mengetahuinya.

''Tak apa jika salah. Itu akan membuat kamu mengingat jawabannya jauh lebih baik daripada jika kamu tidak menebak sama sekali,'' kata Cooke.

Tebak nama seseorang ketika kamu bertemu untuk pertama kalinya dan ketika kamu sudah tahu nama aslinya, kamu akan mengingatnya dengan lebih baik.

Tingkatkan daya ingat. (pixabay)
Tingkatkan daya ingat. (pixabay)

2. Ulangi beberapa kali

Sudah pasti bahwa pengulangan adalah kunci untuk meningkatkan memori. Tetapi ada satu inovasi yang telah terbukti sangat kuat.

Menurut teknik ini, ''Kamu harus aktif mengingat ingatan sebanyak 30 kali,'' kata Cooke. Jadi ketika kamu bertemu seseorang yang baru kamu kenal, kamu mungkin harus mengulang namanya 30 kali.

3. Buat mnemonic

Mnemonic atau teknik mengingat dapat menggunakan kata apa pun yang terdengar atau membuat berpikir dan kamu akan lebih mengingatnya.

''Ini membantu menghubungkan kata dengan pengetahuan yang sudah ada dalam pikiranmu dan kualitas memori yang terbentuk jauh lebih tinggi,'' kata Cooke.

4. Pikirkan secara spasial

''Manusia memiliki memori luar biasa,'' kata Cooke. Salah satu strategi efektif untuk menghafal kata adalah membayangkan sebuah ruangan, lalu melampirkan kata dan artinya ke suatu tempat di ruangan.

5. Rileks.

Rileks saat menghafal juga termasuk bagian penting. Misalnya kamu disuruh menonton video air terjun. Bisa jadi kamu berpikir ini hanya membuang waktu.

Namun dalam proses menonton video air terjun, itu bisa menenangkan dan melemaskan otak serta menciptakan ruang untuk membentuk memori baru sesudahnya.

Meluangkan waktu untuk mengistirahatkan otak sebenarnya dapat meningkatkan memori jangka panjang.

Berita Terkait

Berita Terkini