Info

Melamun Tak Selamanya Buruk, Ini Buktinya

Di balik kegiatan melamun, ada banyak proses perencanaan bahkan kreativitas yang terjadi.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi melamun. (unsplash)
Ilustrasi melamun. (unsplash)

Himedik.com - Jika melamun kerap dipandang buruk lantaran dapat menghambat sebuah aktivitas. Nyatanya dalam sebuah penelitian mengungkap bahwa melamun dapat membantu seseorang menjadi lebih kreatif

Penelitian yang dilakukan oleh Gonda Multidisciplinary Brain Research Ceter di Bar-Ilan University, Israel, menemukan bahwa di balik kegiatan melamun, ada banyak proses perencanaan bahkan kreativitas yang terjadi.

Menurut para peneliti, melamun sama sekali tidak melemahkan kinerja otak. Bahkan, melamun dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik.

Penelitian ini melibatkan beberapa peserta yang diminta untuk mengindikasikan sejauh mana melamun dapat menyelesaikan tugas. Hasilnya, banyak partisipan yang pemikirannya lebih sering berimajinasi secara kreatif dan lebih baik.

Penelitian selanjutnya dalam jurnal Psychological Science, menyatakan bahwa melamun dapat membuat otak berasosiasi menjadi lebih menarik. Dibandingkan dengan melamun, stres justru tidak menghasilkan dan memberikan solusi kreatif.

Para peneliti ini menyarankan agar saat sedang stres karena sebuah masalah, sebaiknya tinggalkan dulu persoalan tersebut. Lalu beri kesempatan pada pikiranmu untuk berkelana hingga mampu memunculkan banyak ide kreatif.

Melihat keuntungan melamun yang dapat membuatmu makin kreatif, maka melamun tak perlu dikhawatirkan lagi.

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Penelitian Ini Buktikan Melamun Membuatmu Semakin Kreatif

Berita Terkait

Berita Terkini