Info

Manfaat Timun Bagi Penderita Diabetes

Timun dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Agung Pratnyawan | Krishnayanti C

Ilustrasi timun (pixabay)
Ilustrasi timun (pixabay)

Himedik.com - Penderita diabetes memang tidak bisa sembarangan mengkonsumsi makanan. Pantangan penderita diabetes adalah gula, karena makanan manis atau yang mengandung gula dapat membuat kadar gula dalam darah tidak stabil.

Selain segar dan menyehatkan, timun adalah salah satu makanan yang dapat selalu dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dengan mengkonsumsi timun secara rutin, kadar gula darah akan mengalami penurunan.

Ilustrasi timun (pixabay)
Ilustrasi timun (pixabay)

Sebuah penelitian dilakukan pada tikus dengan kondisi menderita diabetes. Tikus ini diberi kulit labu, timun, dan beberapa sayuran lainnya.

Hasilnya, kadar gula darah dalam tubuh tikus menurun secara signifikan karena rutin mengkonsumsi sayuran-sayuran tersebut.

Menurut pakar kesehatan, timun memang cocok bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan timun memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, namun kaya akan vitamin C, vitamin K, dan kalium.

Ilustrasi timun (pixabay)
Ilustrasi timun (pixabay)

Selain itu, timun mengandung banyak serat yang dapat mencegah kenaikan kadar glukosa dalam darah, sehingga membantu penderita diabetes menjaga kondisi kesehatannya.

Timun dapat dikonsumsi secara langsung, dijadikan jus, atau dikombinasi dengan sayuran lainnya. Jika tidak suka timun, kamu bisa coba variasikan timun dengan makanan lain sesuai selera.

Pastikan mencuci timun sampai bersih sebelum memakannya agar tidak ada kandungan pestisida atau bakteri yang menempel pada timun.

Berita Terkait

Berita Terkini