Info

Ampuh Usir Karang Gigi dengan 5 Bahan Alami Ini

Karang gigi bisa bikin napas bau dan pastinya penampilan gigi menjadi tak menarik.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Karang gigi. (pixabay)
Karang gigi. (pixabay)

Himedik.com - Karang gigi terjadi akibat penumpukan sisa-sisa makanan yang bercampur air liur. Biasanya tampak berwarna kuning kecoklatan di permukaan atau sisi dalam gigi.

Selain bisa membuat penampilan gigi tak sedap dipandang, karang gigi juga menyebabkan bau mulut. Di sisi lain, adanya karang gigi juga bisa membuat gigi berlubang.

Saat ini sudah banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah karang gigi, bisa ke dokter gigi atau menggunakan bahan-bahan alami.

Pastinya, bahan alami ini tidak langsung mendapatkan hasil. Kamu harus menggunakannya secara telaten dan dalam waktu yang bisa terbilang lama.

Namun, tak ada salahnya kalau mencoba, kan? Nah, kali ini HiMedik sudah siapkan 5 bahan alami usir karang gigi yang harus kamu simak.

1. Kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung asam yang bisa menghilangkan karang gigi. Caranya mudah, gosok kulit jeruk pada karang gigi dan biarkan semalam. Selain mencegah pembentukan karang gigi dan plak, kulit jeruk bisa membuat napasmu semakin segar.

kulit buah jeruk (iStock)
kulit buah jeruk (iStock)

2. Baking soda

Kegunaan baking soda sepertinya sudah sangat banyak dikenal. Bahan kue ini ternyata juga ampuh untuk mengusir karang gigi.

Kamu cukup mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit garam. Basahi sikat gigi dengan air lalu gosok bahan tadi dan bilas. Bahan ini juga bisa membuat gigimu tampak lebih putih.

baking soda/ResepKoki
baking soda. (ResepKoki)

3. Daun jambu biji

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau daun jambu biji bisa menghilangkan karang gigi. Ya, daun ini ampuh untuk menghilangkan noda di gigi termasuk karang gigi.

Caranya, daun jambu yang telah dicuci dikunyah kemudian buang. Lakukan setiap hari.

Daun jambu biji. (pixabay)
Daun jambu biji. (pixabay)

4. Oil pulling

Oil pulling sudah banyak kamu temukan di online shop dengan harga yang terjangkau. Bahan ini bagus untuk kesehatan rongga mulut sekaligus bisa menghilangkan karang gigi.

Caranya, diamkan 1 sendok makan oil pulling di dalam mulut selama kurang lebih 3 sampai 5 menit. Jangan berkumur. Buang dan sikat gigi seperti biasa.

5. Cuka

Sifat asam dari cuka juga ampuh menghilangkan karang gigi. Caranya campur 1/2 cangkir air hangat, 1 sendok teh garam dan 2 sendok makan cuka putih. Kumur 1 sampai 2 kali sehari.

Seperti yang sudah disebutkan, kamu harus telaten menggunakan bahan-bahan ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berita Terkait

Berita Terkini