Info

3 Penyakit Kelainan Darah yang Sering Menyerang Manusia

Kelainan darah merupakan kondisi yang memengaruhi salah satu atau beberapa bagian darah.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sel darah. (pixabay)
Ilustrasi sel darah. (pixabay)

Himedik.com - Peran darah dalam tubuh sangatlah penting. Selain mengangkut oksigen, darah juga mengangkut sari-sari makanan.

Jika kondisi darah terganggu, hal ini tentunya akan mengganggu fungsi tubuh. Secara medis kondisi tersebut dikenal dengan istilah kelainan darah.

Perlu kamu tahu, darah terbagi atas plasma darah, sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah (trombosit). Kelainan darah akan berpengaruh pada fungsi dari bagian tersebut. Berikut informasi lengkapnya.

1. Anemia
Penyakit anemia memengaruhi jumlah sel darah merah. Dalam kondisi ini, jumlah sel darah merah rendah dan jika keadaan semakin memburuk akan mengakibatkan penderita merasa mudah lelah, terlihat pucat, hingga mengalami sesak napas.

Kurang tidur bikin tubuh lelah. (unsplash)
Ilustrasi mudah lelah. (unsplash)

Pada kondisi umum, anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi atau vitamin B12. Sedangkan pada kondisi khusus seperti anemia aplastik disebabkan oleh sumsum tulang yang tidak mengasilkan cukup banyak sel darah merah.

Kondisi lainnya yaitu anemia autoimun hemolitik yang disebabkan oleh sistem imun yang terlalu aktif sehingga malah menghancurkan sel darah merah. dan sel sabit.

Selain itu, anemia juga bisa karena faktor keturunan. Kondisi ini disebut sebagai anemia sel sabit yang membuat sel darah merah menjadi lengket dan kaku, sehingga menghambat aliran darah.

2. Malaria
Malaria tersebar melalui gigitan nyamuk yang telah terinfeksi parasit. Parasit tersebut masuk ke dalam sel darah merah dan merusaknya.

3. Leukimia
Leukimia disebut juga sebagai kanker darah yang menyebabkan kondisi sel darah putih diproduksi berlebihan dalam sumsum tulang dan menjadi ganas.

Itulah 3 kondisi kelainan darah yang sering menyerang manusia. Jika berkenan, lakukan pemeriksaan darah secara berkala supaya kamu mengetahui kondisi kesehatanmu.

Berita Terkait

Berita Terkini