Info

Manfaat Ciplukan, Buah yang Sering Tumbuh di Pinggir Jalan

Percaya nggak kalau akar sampai buahnya memiliki manfaat?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ciplukan. (pixabay)
Ciplukan. (pixabay)

Himedik.com - Siapa yang tak mengenal buah ciplukan? Ya, buah yang kaya manfaat ini juga memiliki nama yang berbeda di setiap wilayahnya. Misal di daerah Kupang, Nusa Tenggara Timur, sebagian besar warganya menyebut sebagai anggur hutan.

Terlepas dari namanya, buah ini dapat tumbuh di mana saja, bisa di kebun bahkan di pinggir jalan sekali pun. Karena itu, banyak yang menganggapnya sebagai gulma sehingga sering kali diabaikan.

Faktanya, selain memiliki harga jual yang konon saat ini mencapai kurang lebih 10 ribu per biji, ciplukan juga memiliki sejumlah manfaat yang sering diabaikan.

Dilansir dari berbagai sumber, HiMedik telah mengumpulkan beberapa manfaat ciplukan.

1. Akar, daun, dan buahnya memiliki manfaat

Dilansir dari Cancer Chemoprevention Research Center, Farmasi UGM, akar ciplukan berfungsi sebagai obat cacing dan penurun demam.

Daunnya dapat digunakan sebagai obat bisul, keseleo, nyeri perut, kencing nanah, borok serta penguat jantung. Sementara buahnya dapat mengobati epilepsi, jantung serta keluhan sulit kencing.

2. Ekstrak ciplukan dapat membunuh sel kanker payudara

Menurut penelitian dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, ekstrak ciplukan dapat menginduksi apoptosis (kematian) pada sel kanker payudara.

Di Taiwan, buah ini digunakan untuk menyembuhkan hepatitis, asma, malaria, dan diabetes. Sedangkan di Peru, ciplukan bermanfaat sebagai obat untuk penyakit hati.

3. Sebagai obat asma

Daun dari tanaman ini dipercaya mampu mengobati asma. Caranya, hancurkan daun ciplukan bersama kapur sirih lalu beri sedikit air. Gosok pada dada, perut dan pinggang.

4. Sembuhkan kurap

Tidak hanya menyembuhkan asma, daun ciplukan bisa juga mengobati kurap. Cukup hancurkan daun ciplukan lalu oleskan pada bagian yang terkena.

Itu tadi beberapa manfaat ciplukan. Mulai sekarang jangan anggap sepele buah yang tumbuh di jalan ini lagi ya.

Berita Terkait

Berita Terkini