Info

Minum Air Kelapa Bisa Atasi Keracunan, Benarkah?

Air kelapa mengandung sejumlah elektrolit yang bisa mengembalikan cairan tubuh lebih baik dibandingkan dengan air putih.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Air kelapa. (pixabay)
Air kelapa. (pixabay)

Himedik.com - Sudah sejak lama air kelapa dikenal dengan beragam khasiatnya yang luar biasa. Salah satunya yaitu untuk mengatasi atau sebagai pertolongan pertama kasus keracunan.

Dilihat dari kandungan gizinya, dalam setiap satu cangkir air kelapa mengandung sebanyak 10.4 gr gula, 43.6 natrium, 43.6 kalori, vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor.

Bahkan menurut Therese Bonnani, R.D., yang merupakan seorang ahli gizi memaparkan bahwa air kelapa mengandung banyak elektrolit daripada minuman lain seperti jus buah. Lalu apakah hal ini berkaitan dalam meredakan kasus keracunan?

Salah satu bentuk efek keracunan adalah diare dan hal ini membuat penderita kehilangan banyak cairan dan merasa dehidrasi parah. Sayangnya, air putih saja tidak cukup untuk mengembalikan cairan elektrolit yang hilang.

Nah, di sinilah fungsinya air kelapa. Kandungan elektrolitnya yang tinggi akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang sehingga diare juga bisa segera pulih. Selain itu, berbagai kandungan nutrisi lainnya dapat membantu proses detoksifikasi untuk membuang racun di dalam saluran pencernaan.

Air kelapa. (pixabay)
Air kelapa. (pixabay)

Tak hanya itu, rasa manis air kelapa juga dapat meredakan rasa mual dan muntah, serta dapat membantu meningkatkan energi tubuh.

Meski demikian, air kelapa bukanlah obat penyembuh keracunan melainkan sebagai pertolongan pertama atau pereda gejala keracunan saja. Untuk dosisnya, para ahli gizi menyarankan meminum air kelapa sekitar satu hingga dua gelas.

Setelah itu, korban keracunan sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan. Terutama jika gejala keracunan masih belum reda.

Berita Terkait

Berita Terkini