Info

Berkaca dari Istri Indro, Ini 6 Makanan Cegah Kanker Paru-paru

Istri Indro 'Warkop' meninggal dunia akibat kanker paru-paru stadium 4.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Indro bersama sang istri. (Suara.com)
Indro bersama sang istri. (Suara.com)

Himedik.com - Istri Indro Warkop, Nita Octobijanthy tutup usia karena mengidap kanker paru-paru stadium empat pada Selasa (9/10/2018) pukul 20:22 WIB. Diketahui, kanker ini telah menggerogotinya sejak Agustus 2017.

Padahal Nita bersama suami dan anak-anaknya baru sempat merayakan hari ulang tahunnya yang ke-59. Bahkan Indro masih sempat mengunggah foto bersama istrinya saat berada di rumah sakit. Di akhir captionnya, ia menulis #kalahkankanker.

Tentu peristiwa ini berat untuk dihadapi, namun Tuhan berkata lain. Nita sudah tidak merasakan sakit lagi.

Berkaca dari perisitwa ini, penting bagi kita untuk tetap memerhatikan semua yang masuk ke tubuh, tanpa terkecuali. Apa yang kamu makan, itulah yang akan menentukan kondisimu saat ini bahkan untuk tahun-tahun ke depan.

Kali ini, HiMedik sudah merangkum beberapa makanan yang diklaim dapat mencegah kanker paru-paru, dilansir dari Boldsky.

1. Sayuran kaya Vitamin E

Satu studi di Finlandia menyatakan jika vitamin E bukan hanya untuk kebaikan kulit, tetapi juga bisa melawan kanker. Vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu menjaga kesehatan paru-paru.

Mereka yang mengonsumsi vitamin E memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami risiko kanker paru-paru daripada mereka yang tidak.

Vitamin E sangat mudah kamu temukan, misalnya pada semua produk kacang-kacangan, serta biji bunga matahari.

Indro bersama keluarga merayakan ulang tahun sang istri. (Suara.com)
Indro bersama keluarga merayakan ulang tahun sang istri. (Suara.com)

2. Apel

Apel memiliki kandungan antioksidan, flavonoid dan juga kaya akan vitamin. Semua nutrisi tersebut mampu melindungi paru-paru dari sel kanker serta mencegah perkembangan sel kanker.

3. Alpukat

Alpukat terkenal akan manfaatnya untuk kulit. Selain itu, asam folat yang juga terkandung dalam buah ini bisa menyehatkan paru-paru. Selain alpukat, kamu juga bisa menemukan nutrisi asam folat pada jeruk dan asparagus.

4. Wortel

Selain baik untuk mata, wortel juga bisa mencegah kanker paru-paru. Kandungan nutrisi karotenoid bermanfaat untuk membersihkan paru-paru dari sel-sel yang dianggap racun serta mengurangi risiko kanker paru-paru. Selain wortel, kamu juga bisa mengonsumsi tomat, ubi jalar serta bayam.

5. Kembang kol

Kembang kol menjadi salah satu pilihan makanan untuk mencegah kanker paru-paru. Selain kembang kol, kubis dan brokoli juga memiliki khasiat yang sama.

Kandungan zat indole-3-carbinol memiliki peran sebagai zat pembersih untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh zat penyebab kanker atau karsinogen.

6. Sayuran mengandung folat

Sebuah studi oleh MD Anderson Cancer Center mengemukakan makanan yang mengandung asam folat dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 40 persen.

Folat mampu melindungi sel karsinogen yang bisa menyebabkan kanker. Sayuran kaya folat misalnya buncis dn kale.'

Kamu diharapkan makan sayur dan buah setiap hari. Jika tidak, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi jus untuk menghindari tidak hanya kanker paru-paru, tetapi juga ancaman penyakit lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini