Info

3 Rasa Sakit Ini Bisa Diatasi Hanya dengan Es Batu

Nyeri tumit, radang sendi, dan gusi bengkak, bisa diatasi hanya dengan es batu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Es batu. (pixabay)
Es batu. (pixabay)

Himedik.com - Cuaca terik memang paling enak minum minuman yang segar-segar. Apalagi ditambah es batu, pasti rasanya lebih mantap dan tenggorokan yang kering jadi terasa segar.

Tapi, selain untuk campuran minuman, es batu juga berguna bagi kesehatan, lho. Tidak percaya? Simak nih, ulasan mengenai khasiat es batu.

1. Mengatasi nyeri tumit

Es batu dapat mengontrol peradangan akibat tekanan atau aktivitas berlebihan pada jaringan ikat atau ligamen yang menopang lengkung kaki dan menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki.

Pengobatan nyeri tumit dengan es batu ini bisa dilakukan dengan cara kompres atau rendam. Es batu yang sudah dibungkus handuk, dikompreskan pada tumit selama 15 hingga 20 menit, dan ulangi sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

Sedangkan cara rendam dilakukan dengan mencampurkan air dan es batu dalam baskom. Lalu rendam tumit (jari dan telapak tidak perlu ikut direndam) selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.

Es batu. (pixabay)
Es batu. (pixabay)

2. Mengatasi radang atau cedera sendi

Selain meredakan nyeri tumit, efek dingin es batu juga bisa mengatasi peradangan atau cedera pada sendi. Caranya cukup dengan mengompres area yang sakit atau bengkak dengan es yang sudah dibungkus handuk selama sekitar 10 hingga 15 menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari untuk hasil maksimal.

3. Mengatasi gusi bengkak

Sudah bukan hal asing lagi, kalau es batu digunakan sebagai obat gusi bengkak. Rasa dingin dari es batu dipercaya dapat mengurangi rasa sakit yang diderita.

Cara ini terbukti ampuh dan cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu meletakkan es batu di bagian gusi yang sakit atau bengkak.

Bagaimana? Mudah bukan menangani rasa sakit hanya dengan es batu? Kalau dirasa tidak kunjung membaik, segera ke dokter, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini