Info

Meditasi, Cara Mudah Tingkatkan Konsentrasi Saat Kerja

Tidak butuh waktu lama, cukup lima hingga 10 menit.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi meditasi. (pixabay)
Ilustrasi meditasi. (pixabay)

Himedik.com - Pekerjaan kerap kali membuat seseroang merasa tertekan dan stres. Dikejar deadline, rapat, bertemu klien adalah makanan sehari-hari yang semakin membuat stres.

Di lain sisi kita selalu dituntut profesional. Menyelesaikan semua pekerjaan dengan sempurna tanpa cela. Alhasil stres makin bertambah.

Nah, buat kamu yang mudah hilang fokus karena tekanan pekerjaan yang membuatmu stres. Cobalah luangkan waktu sejenak untuk meditasi.

Pasalnya menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Brain Research Bulletin, memaparkan bahwa meditasi kesadaran dapat meningkatkan fokus otak untuk memperhatikan detail dan memecahkan masalah.

Dalam penelitian tersebut, peneliti meminta peserta untuk melakukan meditasi dengan cara menghirup napas dalam-dalam, setiap harinya selama dua bulan.

Selanjutnya para peserta yang melakukan meditasi ini dipindai aktivitas otaknya. Hasilnya, terdapat peningkatan fokus selejtif yang ditandai dengan adanya penebalan pada korteks prefrontal otak, yaitu bagian yang terlibat dalam proses kewaspadaan, pengambilan keputusan, dan penalaran yang rumit.

Ilustrasi meditasi. (pixabay)
Ilustrasi meditasi. (pixabay)

Sejalan dengan itu, penelitian yang dimuat dalam Springer’s Journal of Cognitive Enhancement juga menunjukkan bahwa meditasi yang dilakukan secara berkelanjutan dan intens dapat menajamkan perhatian atau fokus seseorang ketika mengerjakan suatu hal yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi.

Berikut cara melakukan meditasi ketika pikiran di kantor sudah mulai berantakan. Tidak perlu waktu lama kok, cukup lima hingga 10 menit.

  • Istirahat di tempat tenang yang minim gangguan.
  • Longgarkan pakaian dan posisikan tubuh dengan nyaman, seperti duduk bersila.
  • Rileks, kosongkan pikiran, dan fokuskan pada satu hal seperti suara musik, aromaterapi, atau gambaran visual yang menenangkan.
  • Tetap tenang dan jangan khawatir gagal, bebaskan pikiran dan perasaan dari hal-hal yang kamu khawatirkan, seperti karier, masa depan, dan jodoh.

Cara meditasi di atas bisa juga kamu lakukan di rumah. Lakukan berulang kali hingga kamu merasa lebih rileks dan tenang.

Berita Terkait

Berita Terkini