Info

Video, Cacing Sepanjang 15 cm Dikeluarkan dari Mata Pria Ini

Yakinkan dirimu kuat sebelum tonton videonya.

Stephanus Aranditio | Yuliana Sere

Cacing parasit yang berhasil dikeluarkan dari mata seorang pria India. (elitereaders)
Cacing parasit yang berhasil dikeluarkan dari mata seorang pria India. (elitereaders)

Himedik.com - Seekor cacing parasit sepanjang 15 cm berhasil dikeluarkan dari mata seorang pria asal India. Sebelumnya, ia mengeluh bahwa mata kanannya terasa sakit dan gatal.

Dokter Srikanth Shetty di sebuah rumah sakit di Kundapur mengatakan cacing tersebut harus segera dikeluarkan. Jika tidak, pasien bisa mengalami risiko penglihatan.

Dilansir dari elitereaders, Dr Shetty dengan hati-hati menggunakan forsep khusus untuk menangkap dan menarik cacing keluar dari rongga mata pria itu.

Saat ditarik keluar, cacing tersebut seperti seutas tali panjang. Dokter Shetty pun menempatkan cacing itu pada sebuah wadah plastik sehingga ukuran makhluk tersebut bisa dilihat.

Menurut penjelasan dokter, cacing parasit itu diidentifikasi sebagai Wuchereria Bancrofti, sejenis cacing gelang parasit yang ditularkan oleh nyamuk. Istilah medis yang sebenarnya untuk cacing parasit atau larva di mata adalah filariasis okular.

Cacing ini juga merupakan penyebab umum penyakit kaki gajah. Hal ini disebabkan ketika penyumbatan terjadi di sistem limfatik, jaringan dan organ di dalam tubuh yang membantu membersihkan dirinya dari racun.

Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah filariasis, penyakit parasit yang disebabkan oleh infeksi cacing gelang.

Elephantiasis atau penyakit kaki gajah menyebabkan kulit menebal, yang memungkinkan anggota badan menjadi bengkak. Kondisi ini dapat diobati dengan menggunakan obat untuk membunuh cacing.

Diperkirakan 120 juta orang, terutama di Afrika tengah, Amerika Selatan dan Tengah, dan Asia terinfeksi cacing. Namun, sangat jarang ada kasus cacing yang ditemukan di mata.

Lihat videonya:


Berkaca dari kasus di atas, kamu wajib menjaga kebersihan diri. Biasakan mulai dari hal sederhana, misalnya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau mencuci kaki dan tangan setelah sampai di rumah.

Berita Terkait

Berita Terkini