Info

Ketahui Jumlah Kumur yang Benar Setelah Sikat Gigi

Ayo, ketahui jumlah kumur yang benar setelah menyikat gigi.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kegiatan BKGN 2018, Rabu (17/10/2018). (HiMedik/Yuliana Sere)
Kegiatan BKGN 2018, Rabu (17/10/2018). (HiMedik/Yuliana Sere)

Himedik.com - Hampir semua orang masih belum tahu soal berapa kali jumlah kumur yang benar setelah menyikat gigi. Bahkan tidak sedikit yang benar-benar peduli soal ini.

'Intinya sudah menyikat gigi.' Memang benar, anggapan seperti ini sudah membantumu untuk terhindar dari risiko gigi berlubang. Namun, ini tidak hanya sebatas menyikat gigi.

Teknik menyikat gigi serta jumlah kumur yang benar juga turut punya andil dalam mencegah karies atau gigi berlubang, sehingga kamu jangan pernah meremehkan masalah kumur dan cara menggosok gigi yang benar.

Dari hasil pantauan tim HiMedik pada kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2018 yang dilaksanakan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Prof. Soedomo, Yogyakarta, Rabu (17/10/2018), ada enam teknik menyikat gigi yang benar.

1. Sikatlah permukaan gigi bagian depan dengan sudut 45 derajat dari arah gusi ke gigi.

2. Sikatlah permukaan gigi bagian luar dengan gerakan memutar ke depan dan ke belakang.

3. Sikatlah permukaan kunyah gigi (geraham) dengan gerakan maju mundur.

Pantauan pemeriksaan gigi gratis, Rabu (17/10/2018)
Pantauan pemeriksaan gigi gratis, Rabu (17/10/2018). (HiMedik/Yuliana Sere)

4. Sikatlah permukaan gigi bagian dalam dengan gerakan memutar ke depan dan ke belakang dengan sudut 45 derajat dari arah gusi ke gigi.

5. Sikatlah bagian dalam gigi depan dengan gerakan mencungkil dari gusi ke gigi. Jangan lupa menyikat lidah karena merupakan tempat bakteri berkumpul.

6. Jangan lupa tutup keran saat menyikat gigi. Berkumur cukup satu kali agar kandungan pasta gigi menempel lebih lama di gigi dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Kegiatan ini disponsori oleh Pepsodent sebagai brand yang selalu mendukung kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia.

Selain bersama PT Unilever Indonesia Tbk, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI).

Saat ini, kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2018 dilangsungkan di Yogyakarta dari tanggal 17 hingga 19 Oktober 2018. Banyak acara menarik yang diadakan setiap hari, salah satunya perawatan dan konsultasi gigi gratis.

Yuk, rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Jangan lupa ajak semua anggota keluargamu untuk menjaga kesehatan gigi ya!

Berita Terkait

Berita Terkini