Info

Manfaat Terapi Lintah, Nomor 3 Cewek Butuh Banget

Binatang penghisap darah ini, ternyata malah bisa membantu melancarkan peredaran darah.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi terapi lintah. (pixabay)
Ilustrasi terapi lintah. (pixabay)

Himedik.com - Pengobatan herbal atau dengan bantuan binatang nampaknya semakin dilirik para penderita penyakit yang sudah mulai putus asa dengan penyakitnya yang tak kunjung sembuh. Padahal pengobatan tersebut juga belum tentu lebih ampuh daripada obat farmasi.

Salah satu yang populer adalah terapi lintah. Untuk satu ini mungkin kamu perlu coba, karena ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Tak percaya?

1. Membantu melancarkan peredaran darah

Kandungan protein pada lintah ternyata memberikan efek pencegahan bahkan menghancurkan sumbatan pada pembuluh darah yang tersumbat sehingga dapat melancarkan aliran darah.

Selain itu, air liur lintah dipercaya memiliki sifat antiperadangan, antinyeri, dan dapat melebarkan pembuluh darah. Bahkan saat ini air liur lintah banyak digunakan sebagai campuran obat gangguan kulit, varises, wasir, hingga hipertensi.

Ilustrasi terapi lintah. (pixabay)
Ilustrasi terapi lintah. (pixabay)

2. Meredakan nyeri pada penderita osteoarthritis

Gangguan sendi yang menyebabkan tulang rawan mengalami kerusakan (osteoarthritis) dan mengakibatkan rasa nyeri dapat diredakan dengan bantuan terapi lintah. Menurut anggapan peliti, hal ini karena air liur lintah mengandung zat yang bersifat mengurangi rasa nyeri. Tak hanya itu, sifat antiperadangan pada liurnya juga membantu mengurangi pembengkakan sendi.

3. Membantu mencegah penuaan

Siapa sih yang tidak mau terlihat awet muda? Nah, hal itu bisa kamu dapatkan dengan terapi lintah. Pasalnya kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang menyebabkan munculnya tanda penuaan serta membuat seseorang merasa lebih segar. Sayangnya, belum banyak penelitian ditemukan mengenai manfaat terapi lintah untuk mencegah penuaan.

Wah, kalau kamu disuruh terapi lintah, kira-kira bersedia tidak nih?

Berita Terkait

Berita Terkini