Info

Keren, Pemuda Ini Desain Alat Dapur Khusus Tunanetra

Memasakn bisa sangat sulit dilakukan oleh mereka yang mengalami keterbatasan penglihatan.

Rauhanda Riyantama

Kevin Chiam. (Youtube/CNAInsider)
Kevin Chiam. (Youtube/CNAInsider)

Himedik.com - Memasak pada umumnya adalah kegiatan biasa yang dilakukan banyak orang setiap hari. Namun, kegiatan ini bisa sangat sulit dilakukan oleh mereka yang mengalami keterbatasan penglihatan.

Memakai peralatan masak yang tajam dan memasak air panas misalnya. Kedua hal itu bisa sangat berbahaya dan melukai diri si pemasak. Untuk itulah Kevin Chiam, pemuda asal Singapura mendesain bermacam-macam alat memasak bagi para tunanetra.

Pisau antiluka karya Kevin Chiam. (Youtube/CNAInsider)
Pisau antiluka karya Kevin Chiam. (Youtube/CNAInsider)

"Memasak adalah tantangan besar bagi orang-orang tanpa penglihatan, jadi saya mendesain berbagai alat dapur yang mudah untuk mereka. Dan memiliki petunjuk sentuhan yang dapat dirasakan untuk membantu mereka selama proses memasak," ungkap Kevin Chiam, seperti dilansir dari CNA Insider.

Salah satu alat yang didesain adalah pisau. Pisau dilengkapi pelindung plastik pada bagian yang tajam sehingga sangat membantu mencegah tangan si pemasak terluka. Selain itu, ia mendesain sendok teh dan penutup panci antipanas.

Desain tutup panci antipanas karya Kevin Chiam. (Youtube/CNAInsider)
Desain tutup panci antipanas karya Kevin Chiam. (Youtube/CNAInsider)

Selama mendesain, Kevin Chiam selalu mecobanya terlebih dahulu. Ia akan memakai penutup mata untuk memastikan alat yang diciptakannya benar-benar aman. Kabarnya, alat-alat ini nantinya akan dijual dengan harga yang murah.

Penasaran? Berikut video lengkapnya. Tonton sampai habis ya!

 

Berita Terkait

Berita Terkini