Info

4 Cara Mudah Atasi Tinnitus, Nomor 2 Wajib Kamu Perhatikan

Sebaiknya kunjungi dokter THT jika mengalami tinnitus.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi tinnitus. (pixabay/counselling)
Ilustrasi tinnitus. (pixabay/counselling)

Himedik.com - Tinnitus atau telinga berdengung merupakan masalah pendengaran yang umum terjadi. Meski tidak berbahaya, tetapi hal ini sangat mengganggu aktivitas.

Konsentrasi dalam belajar, bekerja, dan berkendara bisa buyar hanya karena telinga berdengung. Berikut telah dirangkum dari berbagai sumber cara mengatasi tinnitus.

1. Hindari suara terlalu keras

Suara terlalu keras mungkin akan memperparah kondisi tinnitus. Selain itu, suara yang terlalu keras juga dapat menyebabkan masalah pendengaran yang lain seperti tuli.

Oleh sebab itu ada baiknya kamu menggunakan ear bud, kalau lokasi tempat tinggal dekat dengan stasiun, bandara, atau tempat-tempat lain yang kerap menimbulkan kebisingan.

2. Bersihkan telinga

Jangan sekali-kali membersihkan telinga dengan cotton bud ketika kamu mengalami tinnitus. Memang ada kemungkinan hal itu disebabkan karena banyaknya kotoran dalam telinga, tapi membersihkannya dengan cotton bud malah meningkatkan risiko terjadinya sumbatan di telinga hingga infeksi.

Cotton bud. (pixabay/byrev)
Cotton bud. (pixabay/byrev)

Sebagai saran, kamu bisa membeli obat pembersih telinga yang dijual bebas di apotek atau lebih amannya kamu bisa langsung periksa ke dokter THT. Biasanya dokter akan melakukan spooling untuk membersihkan kotoran dalam telinga.

3. Cek tekanan darah

Meski jarang, pada beberapa kasus, tinnitus disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Hal ini karena adanya aliran darah yang deras pada pembuluh darah di telinga menyebabkan timbulnya suara menderu.

4. Kunjungi dokter

Langkah paling mudah, cepat, dan ampuh mengatasi telinga berdengung adalah pergi ke dokter THT. Serahkan saja pada ahlinya bahkan kamu bisa berkonsultasi masalah pendengaran sepuasnya.

Itulah empat cara mudah atasi telinga berdengung. Semoga membantu.

Berita Terkait

Berita Terkini