Info

Lakukan Meditasi dan Rasakan Lima Manfaatnya

Menghirup aroma kopi juga bisa digolongkan menjadi meditasi.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Lakukan Meditasi dan Rasakan Lima Manfaatnya. (unsplash)
Lakukan Meditasi dan Rasakan Lima Manfaatnya. (unsplash)

Himedik.com - Meditasi menjadi salah satu teknik untuk menenangkan pikiran. Meditasi tidak hanya melulu soal duduk, bersila, memejamkan mata dan mengosongkan pikiran.

Sejumlah aktivitas sehari-hari bisa digolongkan ke dalam meditasi misalnya, menghirup aroma kopi secara perlahan, mencuci piring, jalan dengan hewan peliharaan, mandi, memasak makan malam dan duduk di dalam kelas.

Semua ini bisa dianggap meditasi asalkan kamu fokus dengan apa yang saat itu kamu kerjakan. Jangan pikirkan apa yang akan terjadi beberapa jam ke depan.

Ketika kamu berhasil melakukan meditasi, akan ada sejumlah manfaat yang akan kamu dapat. Berikut 5 manfaat meditasi yang perlu kamu tahu.

1. Tidur

''Meditasi mindfulness hanyalah salah satu teknik yang menghasilkan respons relaksasi,'' kata Dr Herbert Benson, direktur emeritus dari Harvard Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine yang berafiliasi dengan Harvard.

Ini dapat membantu meringankan stres dalam tubuh, yang sering menjadi faktor kunci ketika mengalami gangguan tidur.

2. Nyeri

Para ahli mencatat meditasi bisa efektif bila dikombinasikan dengan terapi obat tradisional untuk bekerja sebagai alternatif pengobatan opioid.

Sebagai contoh, temuan dari penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menyarankan meditasi dapat membantu mengurangi aktivasi terkait rasa sakit di otak.

Meditasi. (shutterstock)
Meditasi. (shutterstock)

3. Gangguan mood

Meskipun belum ditemukan lebih lanjut, penelitian menunjukkan meditasi kesadaran sama efektifnya dengan terapi perilaku kognitif atau antidepresan untuk individu tertentu yang mengalami kecemasan atau depresi.

''Ini dapat dicoba sebagai alternatif untuk antidepresan bagi orang-orang yang ragu-ragu atau ingin menghindari efek samping dari obat-obatan,'' kata neuroscientist Gaëlle Desbordes, Ph.D., seorang instruktur radiologi di Harvard, Sekolah Kedokteran dan peneliti di Rumah Sakit Umum Massachusetts Martinos Center for Biomedical Imaging.

4. Kecerdasan emosional

Dalam sebuah penelitian baru yang berfokus pada anggota staf akademik, meditasi transendental bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan mengurangi stres yang dirasakan di tempat kerja.

Karena stres psikologis adalah masalah yang sangat umum di kalangan karyawan di seluruh dunia, para peneliti percaya bahwa meditasi harus diperkenalkan sebagai program kesehatan di tempat kerja.

5. Hubungan

Meditasi dyadic mengacu pada praktik dua orang yang bermeditasi bersama. Dipercaya bahwa ini dapat membantu meningkatkan hubungan antara seseorang dengan orang lain.

Peneliti Bethany Kok mencatat percakapan rutin sering dibatasi dan berfokus pada apa yang dikatakan orang lain.

Meditasi dyadic, di sisi lain, mengajarkan orang untuk memerhatikan dan mendengarkan pasangan mereka dengan cara yang tenang dan penuh perhatian.

Sering-sering meditasi agar kamu bisa merasakan manfaat-manfaat di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini