Info

Tips Menggunakan Media Sosial Supaya Tidak Picu Stres

Salah satunya adalah membatasi penggunaan.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Media sosial. (pixabay)
Media sosial. (pixabay)

Himedik.com - Akhir-akhir penggunaan media sosial kerap dikaitkan dengan peningkatan stres seseorang. Meski memang benar penggunannya dapat memengaruhi kondisi mental, tapi sebenarnya hal itu tidak akan terjadi atau memengaruhi suatu hal jika dimanfaatkan dengan bijak dan benar.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, berikut tips menggunakan media sosial secara sehat.

1. Batasi penggunaan

Menurut Christine McCauley Ohannessian, PhD, profesor pediatri dan psikiatri di University of Connecticut School of Medicine di Hartford, mengatakan bahwa setiap orang perlu tahu berapa banyak waktu yang dihabiskan di media sosial. Dia menyarankan menggunakan aplikasi yang berfungsi untuk melacak penggunaan media sosial sehingga dapat membantu menetapkan batas waktu seseorang bermain medsos.

2. Selektif memilih pertemanan

Maksudnya di sini adalah jangan sembarang follow akun. Jangan follow akun yang membuat kamu merasa tidak aman atau kesal.

''Sebaiknya ikuti akun yang menginspirasi, melibatkan, dan menghubungkan kita dengan ide-ide, serta hanya ikuti akun orang yang kita sayangi,” saran Ohannessian.

3. Sadari apa yang kamu cari

''Beberapa orang sadar bahwa apa yang mereka lihat di media sosial bukanlah yang sebenarnya, karena orang akan memilih secara selektif mengenai apa yang mereka bagikan,'' papar Weinstein, seorang peneliti dari Harvard.

''Jangan menganggap bahwa setiap gambar berfungsi sebagai bukti bahwa orang lain lebih bahagia dan menjalani kehidupan yang lebih baik,'' tambahnya. Lebih lanjut Weinstein menjelaskan bahwa hal ini cenderung mengarah pada pikiran dan evaluasi yang kurang produktif terhadap diri kita sendiri.

4. Atur waktu untuk tidak bermain medsos.

''Sama seperti banyak hal dalam hidup, moderasi adalah kunci,'' kata Ohannessian. Pilih waktu di mana dalam satu hari kamu tidak membuka media sosial sama sekali. Simpan ponsel dan perangkat lain di ruangan tertentu supaya tidak tergoda untuk mengambilnya.

5. Gunakan media sosial dengan niat yang baik.

Menurut Kamenetz, selaku koresponden pendidikan NPR, menggunakan media sosial dengan cara yang sehat berarti menggunakannya dengan cara yang baik seperti dapat mendukung aktivitas harian, termasuk waktu bersama keluarga, pekerjaan, olahraga, dan hal bermanfaat lainnya.

Itulah 5 tips bermain medsos supaya tidak picu stres. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini