Info

Selain Masalah Pernapasan, Ini Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Refluks asam akan mengakibatkan rasa nyeri pada dada sebelah kanan.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sakit dada. (pixabay)
Ilustrasi sakit dada. (pixabay)

Himedik.com - Sakit dada sebelah kanan, kerap dikaitkan dengan masalah pernapasan. Padahal ada banyak penyebab mengapa seseorang mengalami sakit dada sebelah kanan. Salah satunya yaitu masalah pencernaan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Pencernaan terganggu

Dada terasa sakit tidak hanya behubungan dengan masalah pernafasan, melainkan juga pencernaan. Seperti halnya refluks asam yang mana akan mengakibatkan rasa nyeri pada dada sebelah kanan. Hal ini terjadi karena jantung dan kerongkongan berbagi jaringan syaraf yang sama.

2. Olahraga

Siapa sangka olahraga juga bisa menjadi penyebab sakit dada? Umumnya ini terjadi jika kamu melakukan olahraga yang membutuhkan kekuatan otot dada, sehingga bukan tidak mungkin dada menjadi kram atau sakit.

Olahraga/pexels
Olahraga/pexels

3. Hepatitis

Hepatitis atau radang hati juga bisa menyebabkan dada sebelah kanan terasa nyeri. Hal ini karena hati terletak di sebelah kanan dan sangat dekat dengan rongga dada.

4. Cedera tulang

Hati-hati, patahnya tulang iga bagian kanan, akan menyebabkan dada sebelah kanan terasa sakit/nyeri. Jadi kalau dadamu nyeri setelah mengalami kecelakaan atau mungkin terbentur benda keras, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Pada dasarnya tak hanya poin 3 yang membutuhkan pemeriksaan. Kapan pun kamu merasa dada nyeri atau sakit dan itu tidak kunjung membaik, maka harus segera diperiksakan ke dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini