Info

Jangan Dibuang, Kulit Pisang Bisa Atasi Masalah Kulit lho

Kulit pisang mengandung sejumlah nutrisi di antaranya vitamin B kompleks, vitamin B6, dan vitamin C.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

kulit pisang. (Today Show)
kulit pisang. (Today Show)

Himedik.com - Selama ini kulit buah selalu diabaikan dan dibuang begitu saja. Padahal asal kamu tahu nih, kulit buah juga mengandung nutrisi yang tak kalah menyehatkan seperti dagingnya. Salah satunya termasuk kulit pisang.

Umumnya, kulit pisang juga mengandung nutrisi yang menyehatkan tubuh. Di antaranya yaitu karbohidrat, vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin C, air, minyak nabati, kalium, dan fosfor.

Sama halnya seperti dagingnya, nutrisi dalam kulit pisang juga berguna untuk menyehatkan tubuh terutama kulit. Di antaranya yaitu menghilangkan jerawat dan kerutan di wajah.

Caranya mudah kok, cukup pijat lembut wajah yang berjerawat dengan kulit pisang selama kurang lebih lima menit setiap harinya hingga jerawat hilang. Untuk mencegah jerawat muncul kembali, lakukan perawatan dengan kulit pisang ini secara rutin ya.

Pisang (pixabay)
Pisang (pixabay)

Cara yang kedua yaitu dengan membuat masker kulit pisang. Manfaat masker ini untuk mencegah kerutan di wajah dan membuat kulit tetap terhidrasi.

Caranya tumbuk kulit pisang. Setelah itu campur dengan kuning telur dan aduk hingga rata. Bersihkan wajah dan oleskan masker secara merata pada wajah selema kurang lebih lima menit. Lalu bilas dengan air dingin (biasa)

Sebenarnya manfaat kulit pisang tak hanya sebatas untuk menghilangkan jerawat dan kerutan. Penggunaan kulit pisang secara rutin juga dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV serta mengurangi lingkaran hitam di area mata.

Jadi mulai sekarang jangan buang kulit pisang, daur ulang dan manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulitmu.

Berita Terkait

Berita Terkini