Info

Ingin Tingkatkan Libido? Konsumsi Makanan Kaya Vitamin D

Vitamin D menjadi satu-satunya vitamin yang bisa dihasilkan oleh tubuh.

Stephanus Aranditio | Yuliana Sere

Ilustrasi suplemen vitamin. (pixabay)
Ilustrasi suplemen vitamin. (pixabay)

Himedik.com - Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol. Di dalam tubuh, vitamin ini banyak berperan dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang baik.

Perlu diketahui bahwa vitamin ini merupakan satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi tubuh sehingga tidak heran ketika masih bayi, orangtua sering menjemur kita saat pagi hari.

Vitamin D juga punya manfaat lain yaitu bisa meningkatkan libido seseorang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin D berperan dalam libido baik laki-laki maupuan perempuan.

Dilansir dari dailymail, sebuah studi yang dilakukan di Austria dan diterbitkan dalam jurnal Clinical Endocrinology mengungkapkan hubungan vitamin D dengan libido.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan responden sejumlah 2.299 pria oleh tim dari Universitas Kedokteran Graz, Austria.

Susu sumber vitamin D. (pixabay)
Susu sumber vitamin D. (pixabay)

Hasilnya ditemukan bahwa mereka yang konsumsi cukup vitamin D memiliki lebih banyak hormon seks daripada mereka yang kurang atau bahkan tidak mengonsumsinya.

Penelitian lain dilakukan oleh Rumah Sakit Penelitian ili Etfal di Istanbul. Tim menemukan wanita dengan disfungsi seksual memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah dalam darah mereka.

Responden sebanyak 50 wanita premenopause terlibat dalam penelitian ini. Hasilnya vitamin D terkait dengan keinginan, gairah, pelumasan, orgasme dan kepuasan serta rasa sakit yang jauh lebih sedikit.

Beberapa makanan kaya vitamin D seperti jamur, ikan tuna, salmon, kuning telur, susu sapi atau suplemen vitamin ikan.

Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal International Urology and Nephrology.

Berita Terkait

Berita Terkini