Info

Catat, Ini 4 Macam Nutrisi yang Dibutuhkan Orang Dewasa

Potasium, vitamin D, kalsium, dan serat, merupakan nutrisi penting yang kamu butuhkan.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sumber nutrisi. (shutterstock)
Ilustrasi sumber nutrisi. (shutterstock)

Himedik.com - Apakah kamu sudah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan tepat? Jangan sepelakan hal ini dan segera cari tahu apakah ada nutrisi yang terlewatkan. Cari tahu berapa banyak yang kamu butuhkan dan bagaimana mendapatkannya. Berikut 4 nutrisi yang kamu butuhkan.

1. Potasium

Selain mengontrol tekanan darah, menurut Andrea Giancoli, MPH, potasium juga berperan dalam memperbaiki masalah tulang keropos dan batu ginjal. Jumlah potasium yang disarankan untuk orang dewasa adalah 4.700 miligram per hari. Sedangkan sumber makanan terbaik yang mengandung potasium adalah kentang.

2. Vitamin D

Sekitar 20% dari populasi, diperkirakan kekurangan vitamin D. Padahal kebanyakan orang dewasa harus mendapat 600 IU vitamin D setiap hari.

Sedangkan lansia yang berusia di atas 70 tahun, membutuhkan sebanyak 800 IU. Meski demikian beberapa kelompok menyarankan agar lansia mengonsumsi vitamin D sebanyak 1.000-1.200 IU per hari.

Sumber makanan yang mengandung vitamin D di antaranya ikan salmon, sarden, tuna, kuning telur, susu, dan jamur yang tumbuh di bawah sinar matahari.

Susu sumber vitamin D. (pixabay)
Susu sumber vitamin D. (pixabay)

3. Kalsium

Kekurangan kalsium akan meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Tak hanya itu, kalsium juga penting untuk menjaga saraf dan otot.

Asupan kalsium yang dibutuhkan orang dewasa setiap harinya adalah sebanyak 1.000 miligram. Sedangkan kamu yang menginjak usia kepala lima, membutuhkan kalsium sebanyak 1.200 miligram sehari.

Sumber makanan yang mengandung kalsium di antaranya susu, yoghurt, salmon, kale, dan lobak hijau.

4. Serat

Serat berperan dalam membantu melancarkan sistem pencernaan serta dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Setiap harinya, wanita dewasa membutuhkan sebanyak 25 gram serat, sedangkan pria sebanyak 38 gram. Sumber serat bisa kamu dapatkan pada sebagian besar sayuran dan buah-buahan, pasta gandum, dan oatmeal.

Sekarang sudah tahu kan? Jadi, jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi kamu ya!

Berita Terkait

Berita Terkini