Info

Benarkah Tidur Siang Itu Sehat Bagi Tubuh?

Simak penjelasannya di sini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi tidur. (pixabay)
Ilustrasi tidur. (pixabay)

Himedik.com - Setelah makan siang, biasanya kita kerap merasa kantuk. Bagi mereka yang sudah berada di rumah, biasanya langsung menuju ke tempat tidur, sementara mereka yang masih di tempat kerja harus tetap bergumul dengan pekerjaannya.

Lalu, apakah tidur siang memberi efek positif bagi tubuh?

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah mengamati berapa lama tidur siang - 60 menit atau lebih lama dari itu adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan kesehatanmu, kata Michael Grandner, Ph.D., direktur Program Penelitian Tidur dan Kesehatan di Universitas Arizona.

Masuk akal jika waktu tidur malam yang kurang membuatmu merasa kurang bersemangat di siang hari. Tetapi tidur siang seharusnya tidak menjadi kebiasaan sehari-hari untuk mengimbangi tidur yang hilang.

Bahkan, itu bisa membuat keadaan menjadi lebih buruk karena beberapa orang mungkin merasa lebih grogi dan lelah daripada sebelumnya.

Ilustrasi tidur setelah makan. (unsplash)
Ilustrasi tidur setelah makan. (unsplash)

Ini dikenal sebagai inertia tidur, keadaan disorientasi ketika tubuh mencoba mengatakan bahwa belum siap untuk sepenuhnya bangun.

Namun di sisi lain, ada orang-orang yang membutuhkan jam tidur siang dan ini benar-benar bermanfaat bagi mereka.

"Orang-orang cenderung melakukan sesuatu yang sangat buruk jika tidak mendapatkan jam tidur siang," kata Dr Sara Mednick, seorang psikolog di University of California.

Tidak hanya merasa kurang mengantuk setelah itu tetapi juga mengalami peningkatan dalam suasana hati mereka, fungsi kognitif, waktu reaksi, memori jangka pendek dan banyak lagi.

Sebagaimana dinyatakan oleh National Sleep Foundation, ini adalah manfaat dari apa yang kita sebut power nap.

Istilah ini mengacu pada tidur siang pendek 20 hingga 30 menit yang dapat meningkatkan suasana hati serta tingkat produktivitas.

Para ahli juga mencatat bahwa jam 2 hingga 3 sore mungkin jam terbaik untuk tidur siang karena kamu secara alami merasa sedikit mengantuk setelah makan siang.

Yang terpenting, ingatlah untuk tetap tidur siang. Tidur siang hari yang panjang dan sering dapat membuat kamu tidak bisa tidur di malam hari. Ini dapat menciptakan siklus yang mungkin mengganggu fungsi tubuh internalmu.

Jadi, usahakan agar kamu punya waktu tidur siang 20 hingga 30 menit saja.

Berita Terkait

Berita Terkini