Info

Demam Jadi Salah Satu Tanda Usus Buntu yang Sering Terabaikan

Lihat tanda lainnya di sini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

(urgentcarefl.com)
(urgentcarefl.com)

Himedik.com - Penyakit usus buntu merupakan pembengkakan atau peradangan pada usus buntu atau apendiks. Penyakit ini berisiko pada mereka yang berusia 10 hingga 30 tahun.

Sakit perut bagian kanan bawah biasanya menjadi tanda awal penyakit ini. Apalagi jika sakit ini sering menyerangmu.

Selain itu, ada juga beberapa tanda usus buntu yang sering tidak mendapat perhatian. Beberapa gejala ini bisa menjadi tanda kamu mengalami masalah usus buntu.

1. Rasa sakit saat buang air kecil

Rasa sakit ini disebabkan karena letak usus buntu yang berdekatan dengan kandung kemih. Sakit muncul apabila usus sudah meradang serta bengkak.

2. Nafsu makan menurun

Tidak hanya nafsu makan yang menurun, seseorang yang mengalami masalah usus buntu juga mengalami rasa mual serta muntah.

Radang pada usus membuat sakit perut yang bisa mengakibatkan penurunan bahkan nafsu makan hilang.

ilustrasi sakit perut (shutterstock)
ilustrasi sakit perut (shutterstock)

3. Nyeri di perut kanan bawah

Jika kamu sering mengalami sakit perut di bagian kanan bawah dengan rasa seperti tertusuk, maka perlu dicurigai adanya gangguan pada usus buntu.

Sakit ini semakin menjadi-jadi apabila ada tekanan pada usus, menggerakkan kaki, bersin atau batuk.

4. Demam

Ini menjadi salah satu tanda ada masalah pada usus buntu. Demam yang terjadi lebih dari 39 derajat Celcius disertai menggigil bisa menjadi satu gejala radang usus buntu. Biasanya juga akan disertai dengan rasa sakit pada perut.

5. Diare

Diare dan sembelit juga sering dialami bagi mereka yang mengalami masalah pada bagian usus. Diare biasanya akan mengandung lebih banyak lendir.

Jangan abaikan beberapa tanda masalah pada usus buntu di atas. Segera periksa jika kamu mengalami satu dari sekian tanda tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini