Info

Ramai Tagar TNI International Marathon, Apa Sih Manfaat Maraton?

Lari merupakan salah satu macam olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jantung.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi maraton. (pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi maraton. (pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Hari ini, Minggu (4/11/2018) di twitter ramai sekali penggunaan tagar TNI International Marathon. Usut punya usut ternyata acara tersebut diselenggarakan untuk memperingati HUT TNI ke 73 pada tanggal lima Oktober silam.

Kawasan Pantai Kuta, The Mandalika, Lombok, dipilih sebagai lokasi kegiatan maraton. Siapa pun yang mengikuti TNI International Marathon 2018 ini, maka otomatis menjadi bagian dari kegiatan amal untuk korban gempa lombok.

Lalu, apa sih manfaat lari maraton?

Lari merupakan salah satu macam olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jantung. Pada kegiatan lomba lari biasanya ada kategori lari jarak 5 km, 10 km, 21 km, 42 km, dan lari maraton merupakan salah satu tipe lari jarak jauh (42 km).

Pelari maraton harus mempersiapkan diri dengan latihan secara rutin dan menjaga pola makan. Dengan begitu daya tahan tubuh akan meningkat sehingga dapat lari jarak jauh.

Jika dilakukan dengan tepat lari maraton akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berlari membuat semua anggota tubuh bergerak lebih aktif sehingga sangat efektif untuk membakar kalori.

Ilustrasi maraton. (pixabay/skeeze)
Ilustrasi maraton. (pixabay/skeeze)

Karena pergerakan tubuh lebih aktif, maka tentu saja seluruh otot tubuh juga demikian. Hasilnya otot menjadi lebih kencang dan bentuk tubuh semakin bagus.

Tak hanya otot tubuh, berlari juga akan memperkuat otot jantung. Sehingga dapat memperlancar peredaran darah.

Meskipun bermanfaat, ada baiknya kamu cek kesehatan terlebih dulu ke dokter sebelum mengikuti kegiatan lari maraton, karena jika dipaksakan justru malah membahayakan kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini