Info

5 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Supaya Tak Mudah Sakit

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sistem imun. (pixabay)
Ilustrasi sistem imun. (pixabay)

Himedik.com - Sistem kekebalan tubuh memainkan peran besar dalam hal kesehatan secara keseluruhan. Sel, jaringan, organ, dan molekul yang kompleks dari sistem kekebalan melindungi kita dari benda asing yang berbahaya, seperti virus, bakteri, sel kanker, bahan kimia beracun, dan banyak lagi.

Melalui proses yang disebut respon imun, sistem ini menyerang organisme dan zat yang menyerang ketika mereka memasuki tubuh yang berpotensi menimbulkan penyakit. Melihat begitu pentingnya sistem kekebalan tubuh ini, beberapa hal berikut patut kamu lakukan untuk meningkatkan kinerjanya.

1. Melakukan tindakan pencegahan flu

Menurut CDC, mendapatkan vaksin telah terbukti mengurangi risiko terkena flu. Selain itu, vaksin juga penting bagi individu yang lebih rentan sakit atau memiliki waktu yang sulit pulih dari pilek atau flu, seperti wanita hamil, lansia, dan individu dengan masalah kesehatan kronis tertentu.

Namun, langkah sederhana seperti membiasakan cuci tangan dan mengonsumsi makanan atau suplemen vitamin D juga dapat membantu mencegah flu.

2. Tidur yang cukup

Menurut penelitian, kurang tidur dapat memberikan efek jangka pendek dan jangka panjang pada fungsi sistem imun. Yang artinya kurang tidur dapat membuat seseorang lebih mudah sakit. National Sleep Foundation menyatakan bahwa umumnya orang dewasa membutuhkan tidur sebanyak 7 hingga 9 jam setiap harinya.

3. Konsumsi makanan dan minuman bergizi

Makanan memiliki peranan penting dalam meningkatkan fungsi sistem imun. Contohnya seperti bawang putih yang dapat meningkatkan jumlah sel T yaitu sel yang bertugas untuk melawan virus dalam aliran darah dan membantu memediasi respons tubuh terhadap stres.

Konsumsi biji-bijian utuh seperti quinoa dan gandum juga sangat disarankan. Pasalnya menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi biji-bijian utuh fungsi sistem kekebalan tubuhnya meningkat dibandingkan dengan orang dewasa yang mengonsumsi biji-bijian olahan.

Begitu pula dengan yoghurt yang mengandung bakteri baik dan telah terbukti mampu membantu bakteri sehat dalam usus berkembang sehingga pencernaan bekerja optimal.

4. Luangkan waktu untuk berolahraga

Olahraga teratur membantu menjaga kinerja sistem kekebalan tubuh. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh secara khusus dengan meningkatkan sirkulasi, menghilangkan stres, dan masih banyak lagi.

5. Habiskan waktu dengan keluarga dan teman

Selama dekade terakhir, beberapa penelitian ilmiah telah dilakukan tentang bagaimana hubungan keluarga dan interaksi sosial yang baik dapat menurunkan stres, membuat seseorang bahagia, dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebaliknya kesepian dan interaksi sosial yang tidak berjalan baik telah terbukti dapat meningkatkan stres dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini