Info

Hari Pahlawan Jangan Loyo, Yuk Tetap Semangat dengan Kiat Ini!

Selamat Hari Pahlawan!

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Bendera Indonesia. (pixabay/OpenClipart-Vectors)
Bendera Indonesia. (pixabay/OpenClipart-Vectors)

Himedik.com - Setiap tahunnya setiap tanggal 10 November, Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Sudah seharusnya kita sebagai warga Indonesia menghormati dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Indonesia memang sudah merdeka, penjajah sudah tak lagi ada, tapi perjuangan masih belum berakhir. Sayangnya, saat ini banyak anak-anak bangsa yang tak mencerminkan sikap kepahlawanan. Contoh sederhananya adalah malas dan tak semangat menjalani aktivitas.

Bayangkan saja, apa jadinya negeri ini jika banyak warganya yang bermalas-malasan? Nah, supaya tak loyo dan tetap semangat, yuk ikuti kiat berikut.

Langkah pertama: cari tahu penyebab

Cari tahu penyebab mengapa kamu loyo dan tidak bersemangat. Kelelahan, kurang tidur, sakit, atau depresi? Kalau memang hanya kelelahan atau kurang tidur sebaiknya istirahat yang cukup.

Ilustrasi stres (pixabay)
Ilustrasi stres (pixabay)

National Sleep Foundation menyatakan bahwa umumnya orang dewasa membutuhkan tidur sebanyak 7 hingga 9 jam setiap harinya. Jadi, jangan sampai jam tidurmu di bawah atau di atas rentang waktu tersebut ya.

Namun, kalau kamu merasa fisik atau jiwamu mengalami masalah, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter supaya aktivitas tak terganggu.

Langkah kedua: buang kebiasaan buruk

Singkirkan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kondisi fiksik dan jiwamu menurun. Misalnya saat kamu kurang tidur karena begadang nonton film dan itu kamu lakukan setiap hari. Atau bermain sosmed dan follow akun gosip atau selebgram yang sering pamer kemewahan.

Dari keduanya, sudah jelas tak baik untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Jadi, kamu harus saring apa yang baik dan tak baik untuk hidupmu termasuk makanan.

Nah, itulah dua kiat supaya semangat untuk menjalani aktivitas. Selamat Hari Pahlawan, mari kobarkan semangat kepahlawanan!

Berita Terkini