Info

Melarang Merokok pada Jam Kerja, Aturan Tersebut Tuai Kecaman

Akhirnya Dewan Kota Dundee merevisi aturan larangan merokok pada jam kerja.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Rokok. (pexels)
Rokok. (pexels)

Himedik.com - Sudah beberapa tahun terakhir, baik di Indonesia maupun di luar negeri aturan larangan merokok di tempat umum semakin diperketat, seperti halnya di Dundee, Skotlandia. Pemerintah setempat telah memberlakukan larangan merokok bagi karyawan pada jam kerja.

Dewan Kota Dundee telah melarang karyawannya merokok atau vaping selama jam kerja sebagai upaya untuk mengurangi 'model peran' orang dewasa yang terlihat merokok.

Kebijakan ketat ini berlaku bagi semua karyawan yang merokok di jalan, di tempat umum atau saat bepergian. Apabila ketahuan melanggar maka akan diberi tindakan disipliner.

Namun, aturan ini justru menuai kecaman. Larangan merokok, bahkan saat istirahat kerja pun bisa termasuk dalam tindakan ilegal.

Asosiasi pengacara dan ahli hukum di Blackadders LLP, Dundee, Jack Boyle, mengatakan bahwa larangan merokok dalam lingkup ini akan sulit untuk dibawa ke ranah hukum yang bertujuan untuk menindak pelanggaran merokok.

''Secara hukum, ada hak untuk beristirahat yang diatur dalam Peraturan Waktu Kerja 1998,'' katanya.

''Di situ tertuang karyawan berhak untuk istirahat selama 20 menit, jika hari kerja mereka lebih dari enam jam. Istirahat harus dilakukan selama waktu kerja, bukan di awal atau akhir shift.''

''Pekerja berhak untuk menghabiskan waktu istirahat di tempat kerja, jika mereka memilikinya. Itu merupakan kesempatan emas untuk merokok!''

Larangan serupa diajukan untuk 9.000 pekerja di Nottinghamshire County Council pada tahun 2016.

Seorang juru bicara Unison mengatakan bahwa ada aspek yang jelas dari kebijakan ini yang tidak dapat mereka setujui. Orang yang merokok berhak untuk beristirahat dan mendapatkan dukungan dari atasan mereka.

Perlu diketahui, Dundee memiliki tingkat merokok tertinggi di Inggris, sementara sebagian pria di sana memiliki tingkat harapan hidup terendah. Sekarang secara teknis para karyawan hanya diperbolehkan merokok pada saat istirahat makan siang.

''Dewan telah merevisi kebijakan merokok karena kami bekerja untuk melindungi kesehatan karyawan sekaligus mengampanyekan pesan kesehatan yang positif di masyarakat yang lebih luas,'' papar juru bicara dewan Kota Dundee.

Berita Terkait

Berita Terkini