Sabtu, 25 Januari 2020

Wow, Tower Pembersih Udara Terbesar di Dunia akan Dibangun

TingkatPM10 yang berada di India telah mencapai batas tanda bahaya di angka 700.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
Penyebab polusi udara. (pixabay)
Penyebab polusi udara. (pixabay)

Himedik.com - Dewasa ini, polusi udara yang diakibatkan kendaraan bermotor maupun limbah pabrik tengah menjadi masalah yang cukup pelik. Pasalnya, polusi udara diyakini dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker paru dan stroke.  

Untuk itu, sebuah start-up asal New Delhi, India yang bernama Kurin Systems mencoba mengatasinya dengan mengenalkan tower pembersih udara terbesar di dunia.  

Menurut informasi, tingkat PM10 yang berada di India telah mencapai batas tanda bahaya di angka 700. PM10 merupakan partikel udara yang lebih kecil dari 10 mikron.

Nilai Ambang Batas (NAB) atau batas konsentrasi polusi udara maksimal yang diperbolehkan dalam PM10 adalah berada pada kisaran 150. Jika melebihi itu, maka udara yang dihirup akan berdampak buruk bagi tubuh.

Di Jakarta sendiri, nilai PM10 sudah mencapai angka 80 an yang berarti sedikit lagi di kisaran angka 100. Jika sudah berada di kisaran angka 100, maka udara digolongkan menjadi udara tidak sehat.

Berangkat dari masalah pelik tersebut, angka polusi udara yang sangat besar membutuhkan tindakan pencegahan khusus. Kurin Systems memperkenalkan pembersih udara terbesar dan terkuat di dunia yang rencananya akan dibangun di India.

Pemurni udara setinggi 42 kaki atau 12,9 meter ini diklaim bisa menyediakan udara bersih bagi 75 ribu orang serta didukung dengan teknologi tinggi.

Radius efektif tower pembersih udara terbesar dan terkuat dunia ini bisa menjangkau daerah seluas tiga kilometer. Peneliti yang tergabung di Kurin Systems mengklaim dapat menghasilkan 32 juta meter kubik udara bersih.

Ilustrasi pembersih udara milik Kurin Systems. (Wikimedia Commons/ Mezur)
Ilustrasi pembersih udara milik Kurin Systems. (Wikimedia Commons/ Mezur)

 

Pemurni udara ini menggunakan 48 kipas dan sembilan tahap penyaringan. Teknologi ini ada dapat memompa 1,3 juta meter kubik udara segar per jam.

World Intellectual Property Organization atau Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia baru saja memberikan paten ke Kurin Systems sebagai 'pemurni udara terbesar dan paling kuat di dunia'.

Dikutip dari The Next Web, bangunan City Cleaner ini memiliki tinggi 12,9 meter, lebar 6,1 meter, dan diameter 6,1 meter. Perusahaan membutuhkan 9,1 meter area kosong di sekitar pembersih untuk menghindari kecelakaan yang tak diinginkan.

Rekor pembersih udara tertinggi di dunia adalah Smog Tower Cina yang berdiri setinggi 100 meter di Xian, Cina. Namun, tower tersebut hanya dapat menyediakan 10 juta meter kubik udara bersih per hari.

Pembangunan tower pembersih milik Kurin Systems akan memakan biaya yang dapat mencapai hingga 272 ribu dolar AS atau Rp 4 miliar.

Tower pembersih udara terbesar dan terkuat di dunia akan sangat cocok ditempatkan di kota dengan kepadatan penduduk dan tingkat kepemilikan kendaraan yang tinggi.

 

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Tower Pembersih Udara Terbesar dan Terkuat di Dunia Dikenalkan

Terkait

Terkini