Info

Lima Alasan Mengapa Harus Tidur Cukup

Jangan sampai kurang tidur supaya kerutan tak datang lebih awal.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ngantuk karena kurang tidur. (unsplash)
Ilustrasi ngantuk karena kurang tidur. (unsplash)

Himedik.com - Pada umumnya durasi tidur yang dibutuhkan setiap orang adalah sekitar delapan jam sehari. Sementara itu, National Sleep Foundation telah membagi durasi tidur ideal berdasarkan usia. Untuk orang dewasa usia 18 hingga 25 tahun durasi tidur idealnya adalah tujuh hingga sembilan jam.

Tentunya ini harus menjadi perhatian karena sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kebanyakan atau kurang tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Berikut telah dirangkum alasan mengapa kamu harus memiliki waktu tidur yang cukup.

1. Menurunkan risiko kecelakaan

Setidaknya sebanyak 100.000 kecelakaan lalu lintas dalam setahun disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk. Kurangnya istirahat dapat menyebabkan penurunan konsentrasi, semangat, dan suasana hati sehingga seseorang tidak bisa berpikir dengan jernih.

2. Sebagai mood booster

Kurang tidur cenderung membuat perasaan menjadi sensitif. Seperti sedih, stres, marah, dan merasa lelah. Parahnya hal ini bisa membuatmu tidak ingin bergaul dengan teman dan keluarga serta dapat menyebabkan gangguan mood seperti depresi atau kecemasan.

Maka dari itu perbaiki kualitas dan kuantitas tidur supaya kehidupan kembali berjalan normal.

Jomblo pun bisa bahagia. (unsplash)
Ilustrasi bahagia. (unsplash)

3. Menjaga kesehatan jantung

Orang yang kurang tidur cenderung terkena penyakit jantung. Hal ini karena kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah, adrenalin, dan memicu stres.

4. Menjaga keharmonisan di ranjang

Kurang bergairah dan lincah di ranjang? Mungkin kamu dan pasangan perlu waktu istirahat yang cukup karena kurang tidur dapat merusak kadar testosteron.

5. Mencegah keriput

Kurang tidur akan membuat tubuh melepaskan hormon stres (kortisol). Akibatnya kolagen, yaitu protein yang membantu menjaga kesehatan kulit menjadi rusak dan menimbulkan kerutan.

Berita Terkait

Berita Terkini